Selasa 08 Nov 2016 12:29 WIB

Meriahnya Olimpiade Pecinta Alquran One Day One Juz

Rep: reja irfa widodo/ Red: Damanhuri Zuhri
 komunitas One Day On eJuz (ODOJ)
komunitas One Day On eJuz (ODOJ)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Bertempat di pelataran Islamic Centre, Kota Bekasi, Jawa Barat, komunitas One Day One Juz (ODOJ) menggelar ajang Olimpiade Pecinta Quran (OPQ). Ini adalah ajang berskala internasional pertama yang digelar komunitas ODOJ.

Kegiatan ini pun berlangsung lebih dari sepekan, yaitu mulai Sabtu (5/11) hingga Ahad (13/11). Bahkan, acara puncak sekaligus penutupan OPQ ODOJ akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi.

Event yang disebut sebagai event terbesar yang pernah digelar ODOJ pada 2016 ini pun dibuka langsung Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu. Menurut politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, Pemkot Bekasi merasa bangga lantaran ditunjuk menjadi tuan rumah OPQ ODOJ tersebut. Namun, Syaikhu mengingatkan, event jangan hanya dijadikan ajang menunjukan prestise belaka.

''Kegiatan ini akan senantiasa bermakna manakala seluruh peserta menjadikan kegiatan ODOJ bukan sebagai ajang meraih prestise sesaat. Tapi sebagai penguatan komitmen terhadap khazanah ilmu Alquran. Makna inilah yang harus dipegang teguh,'' ujar Syaikhu dalam sambutannya saat membuka kegiatan OPQ ODOJ tersebut, Sabtu (5/11).

Dengan tema Islamic Modern Lifestyle', OPQ ODOJ ini memang menampilkan berbagai rangkaian acara. Mulai dari seminar, talkshow, lomba-lomba, hingga tilawah akbar.

Semua rangkaian acara dalam kegaiatan ini pun terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya sama sekali. Para pengunjung juga dapat mengunjungi sejumlah booth, mulai dari makanan, pakaian muslim, hingga buku-buku keislaman.

Menurut Ketua Umum Komunitas ODOJ, Ricky Adrinaldi, secara utama, OPQ ODOJ terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu perlombaan utama, festival Al Quran, dan tilawah akbar.

Pelombaan utama terdiri dari Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Hifdzil Quran, dan tafsir Quran. ''Kegiatan ini akan diikuti dari beberapa perwakilan ODOJ di daerah dan dari luar negeri,'' ujar Ricky.

Sementara Festival Alquran adalah rangkaian sejumlah acara, yang meliputi seminar, talkshow, dan konser kesenian Islam. Seminar dan talkshow ini mengangkat berbagai tema, termasuk soal membina keluarga dan rumah tangga secara Islami, ekonomi Islam, dan inspirasi dari para pejuang-pejuang sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement