Ahad 13 Nov 2016 12:46 WIB

Tilawah Akbar Digelar di Bekasi Dipimpin Qari Asal Amerika

Rep: Kabul Astuti/ Red: Teguh Firmansyah
Sejumlah jamaah yang tergabung dalam komunitas One Day On eJuz (ODOJ) melakukan tilawah bersama dalam rangkaian Dzikir Nasional di Masjid At-Tin, Jakarta, Kamis ((31/12).  (Republika/Wihdan)
Sejumlah jamaah yang tergabung dalam komunitas One Day On eJuz (ODOJ) melakukan tilawah bersama dalam rangkaian Dzikir Nasional di Masjid At-Tin, Jakarta, Kamis ((31/12). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Ribuan orang membanjiri Stadion Patriot Candrabaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Ahad (13/11). Mereka menghadiri tilawah akbar dan konser amal yang diselenggarakan Komunitas One Day One Juz (ODOJ).

Acara dibuka dengan pertunjukan marching band SMP N  4 Tambun Selatan Kab Bekasi, atraksi panahan, dan parade kontingen dari berbagai daerah. Dipandu Tommy Kurniawan, Bedu, dan Sigit Kamseno, acara berlangsung semarak di tengah gerimis pagi hari.

Tilawah Alquran dibuka oleh qari asal Bandung Muzammil Hasballah, yang diikuti pembacaan sari tilawah lima bahasa, yakni bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, Prancis dan Belanda.

Tilawah akbar ini merupakan puncak rangkaian Olimpiade Pecinta Alquran (OPQ) 2016. Ajang olimpiade ini diikuti oleh para juara pertama hasil seleksi kontingen 24 provinsi dan 1 negara.

 

Ini merupakan event skala internasional pertama yang diselenggarakan oleh Komunitas ODOJ. "Tilawah akbar ini adalah puncak acara kegiatan Olimpiade Pecinta Quran 2016. Targetnya, hari ini bisa menjadi syiar di kalangan masyarakat Indonesia khususnya, maupun dunia pada umumnya," kata Ketua Panitia OPQ 2016, Bakat Setiaji, kepada Republika.co.id, Ahad (13/11) di sela acara.

Puncaknya, ucap Bakat Setiaji, masyarakat diajak melakukan tilawah akbar bersama syekh dari lima benua yang dipimpin oleh qari internasional asal Amerika, Fatih Seferagic. Ia menyatakan, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi bukti sejarah atas usaha membumikan Alquran dan melangitkan manusia, dimulai dari bumi Indonesia.

Baca juga, Meriahnya Olimpade Pecinta Alquran One Day One Juz.

Sebelumnya, lanjut Bakat, rangkaian acara OPQ 2016 sudah berlangsung selama delapan hari pada 5-12 November 2016 di Islamic Center Kota Bekasi. Bakat mengatakan kegiatan Festival Pecinta Alquran berlangsung diikuti 120 tenan bazar, 81 pengisi acara, dan dihadiri 115 ribu orang selama delapan hari.

Tilawah akbar ini dihadiri Ketua Umum ODOJ Ricky Adrinaldi, Syekh Ahmad Al Habsyi, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, serta sejumlah pejabat dan artis pendukung OPQ 2016.

Hingga saat ini, anggota komunitas ODOJ telah mencapai 100 ribu ODOJer yang tersebar di 21 negara di dunia. Anggota ODOJ terdiri dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak usia 8 tahun hingga usia 80 tahun. Pada 2017 mendatang ditargetkan akan ada satu juta member ODOJ di seluruh Indonesia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement