Senin 31 Oct 2016 20:00 WIB

Peran Penting Ormas Islam dalam Dakwah di Irlandia

Rep: Marniati/ Red: Agung Sasongko
Muslim di Irlandia (ilustrasi)
Foto: Photobucket.com
Muslim di Irlandia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Aktivitas dan syiar agama di Irlandia ditopang dengan keberadaan ormas Islam. Dublin Islamic Society merupakan ormas yang pertama kali berdiri.

(Baca: Irlandia Bakal Jadi Agama Terbesar di Irlandia)

Saat itu tidaklah mudah untuk mendirikan organisasi Muslim. Ditambah lagi, Muslim Irlandia terdiri dari berbagai macam etnis. Dublin Islamic Society dibentuk oleh mahasiswa yang belajar di Irlandia. Saat itu, organisasi hanya beranggotakan 300 pelajar Muslim.

Organisasi Muslim terus berkembang dan berubah menjadi Islamic Foundation of Ireland pada 1976. Pada saat itu pula, atas dukungan pihak gereja organisasi mendirikan masjid pertama di Harrington Street berdampingan dengan Garda Club.

Saat ini Republik Irlandia memiliki enam masjid. Kebanyakan berada di permukiman Muslim. Di Dublin terdapat dua masjid. Sisanya di Ballyhaunis, Co Mayo, Gaway, Limerick, dan Waterford.

Pemerintah Irlandia juga membangun sebuah madrasah di Clonskeagh yang bisa menampung 245 murid. Sekolah dikelola 11 staf dan mendapat gaji dari Departemen Pendidikan. Tetapi, pemerintah menolak membayar gaji guru-guru yang mengajarkan Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement