Kamis 08 Sep 2016 18:00 WIB

3 Masjid Tua Jakarta

Rep: Wachidah Handasah / Red: Agung Sasongko
Wisatawan nusantara mengunjungi Kawasan Kota Tua, Jakarta, Kamis (17/12).  (Republika/WIhdan Hidayat)
Foto:
Suasana kesibukan umat Islam pada bulan suci Ramadhan di Masjid As Salafiyah atau biasa disebut juga dengan Masjid Pangeran Jayakarta, Jalan Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, Senin (30/7). (Aditya Pradana Putra/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --cInilah salah satu masjid tertua di Jakarta. Berlokasi di Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, ini merupakan masjid bersejarah yang kini telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Menurut pengamat sejarah Betawi, Alwi Shahab, Masjid Assalafiah merupakan pengembangan dari sebuah mushala yang dibangun oleh Pangeran Ahmad Jaketra (Pangeran Jayakarta) pada 1620, hanya satu tahun setelah ia dan keluarganya kalah dari VOC dan terusir keluar dari Batavia.

Sebelum bernama As-Salafiyah, masjid ini dikenal sebagai Masjid Pangeran Jayakarta. Pada masa kolonial, masjid ini menjadi tempat berkumpul para ulama, tokoh masyarakat dan jawara untuk menyusun strategi perjuangan dan dakwah Islam. Sejak berdirinya, Masjid As-Salafiyah setidaknya telah mengalami delapan kali renovasi.

Hasilnya, Masjid As-Salafiyah kini tampak lapang. Penampilannya pun terkesan mewah dengan keramik dan marmer menutupi hampir seluruh dindingnya. Sementara, di samping kiri masjid terdapat makam Pangeran Jayakarta, kerabat serta pengikutnya. Makam itu berada dalam sebuah pendopo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement