Selasa 23 Aug 2016 09:00 WIB

#FWDBebasBerbagi, Bantu Pengembangan UMKM Semudah Share di Facebook

GM Resource & Mobilization Dompet Dhuafa Urip Budiarto secara resmi menerima donasi sebesar Rp 25 juta dari Chief of Proposition & Sharia FWD Life Ade Bungsu  terkait program #FWDBebasBerbagi.
Foto: FWD life
GM Resource & Mobilization Dompet Dhuafa Urip Budiarto secara resmi menerima donasi sebesar Rp 25 juta dari Chief of Proposition & Sharia FWD Life Ade Bungsu terkait program #FWDBebasBerbagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagi dan berdonasi kini kian mudah dengan hadirnya platform digital. Hal itu pula yang telah dilakukan PT FWD Life Indonesia (‘FWD Life’), perusahaan asuransi jiwa berbasis digital yang bersinergi dengan lembaga zakat Dompet Dhuafa. Keduanya melakukan kerja sama terkait program pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat melalui kampanye digital #FWDBebasBerbagi.

Mengusung tema LIVE FOR NOW yakni semangat untuk menjalani dan berbagi momen berharga saat ini, pada bulan Ramadan lalu FWD Life telah mengajak seluruh masyarakat Indonesia berpartisipasi pada kampanye #FWDBebasBerbagi guna membantu meningkatkan ekonomi sosial masyarakat Indonesia, khususnya para UMKM mitra binaan Dompet Dhuafa dengan cara mudah melalui platform digital.

Setiap klik share pada postingan di Facebook FWD Life  Indonesia (www.facebook.com/fwdlife.id/) yang menggunakan hashtag #FWDBebasBerbagi di akun Facebook selama periode 28 Juni sampai 31 Juli 2016, akan setara dengan  ini mendonasi sebesarkan Rp 5.000 untuk membantu para mitra binaan Dompet Dhuafa merealisasikan passion mereka untuk sebuah bisnis yang berkelanjutan. Donasi ini di targetkan mencapai maksimum sebesar Rp 25 juta yang didapatkan dari 5.000 share.

Rudi Kamdani, Presiden Direktur FWD Life Rudi Kamdani menjelaskan, “Sejalan dengan program Kementerian Perindustrian untuk mengembangkan sebanyak 1.170 wirausaha pada 2017 serta target program literasi keuangan kepada sektor usaha UMKM sesuai target yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) FWD Life ingin mendukung passion para mitra binaan Dompet Dhuafa dengan memperkuat serta mengasah kemampuan dan ketrampilan berwiraswasta sehingga pada akhirnya dapat mandiri dan memberikan kontribusi pada perekonomian bangsa,” kata Rudi.

Pada tanggal 12 Agustus 2016, FWD Life telah  secara resmi menyerahkan donasi sebesar Rp 25 juta kepada Dompet Dhuafa yang selanjutnya akan salurkan kepada para UMKM mitra binaan Dompet Dhuafa. Prosesi penyerahan dilakukan di Mercantile Club Jakarta oleh Chief of Proposition & Sharia FWD Life Ade Bungsu kepada GM Resource & Mobilization Dompet Dhuafa Urip Budiarto.

Setelah menerima donasi, para mitra binaan Dompet Dhuafa akan diberikan kesempatan untuk mengasah kemampuannya dalam berbisnis melalui berbagai tips praktis untuk membangun pondasi bisnis dan manajemen keuangan yang kuat dan berkelanjutan. FWD Life bekerja sama dengan DreamLab, konsultan strategic brand untuk mengadakan kelas edukasi, dimana peserta juga akan diberikan pengetahuan mengenai pemasaran melalui platform digital guna memperluas cakupan pasar dari produk yang dihasilkan mitra binaan usaha Dompet Dhuafa.

Presiden Direktur Dompet Dhuafa Filantropi, Ahmad Juwaini mengatakan, “Kerjasama yang didukung dengan kampanye digital ini dapat menjangkau masyarakat secara luas untuk semakin menyebarkan pesan kepedulian pada sesama. Hal ini akan memberikan stimulus masyarakat untuk turut berpartisipasi dan bersama-sama mengembangkan pemberdayaan umat khususnya dibidang sosial dan ekonomi. 

"Program ini diharapkan menjadi salah satu solusi untuk memutus lingkaran kemiskinan di Indonesia yang masih mencapai 28,51 juta atau 11,13 persen dari total penduduk Indonesia. Kami optimistis kerjasama ini dapat berjalan dengan maksimal dan jangka panjang,” kata Ahmad.

“Program pemberdayaan Dompet Dhuafa di bidang ekonomi memang jangka panjang. Dompet Dhuafa tidak hanya sekadar memberikan bantuan modal, tetapi juga pendampingan secara intensif kepada penerima manfaat. Kami latih mereka, kami tanamkan nilai-nilai,” kata Ahmad.

Dengan hadirnya kerjasama dengan FWD Life, Ahmad berharap bisa semakin maksimal memberdayakan para penerima manfaat. Sebab, program yang dihadirkan tidak hanya sebatas penggalangan donasinya, tetapi juga bagaimana mengintervensi para penerima manfaat dengan adanya pelatihan. Ini membuat mereka menjadi semakin berwawasan dan terampil sebagai modal untuk mandiri dan berdaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement