Senin 22 Aug 2016 13:17 WIB

Sukabumi Perbaiki Rumah tak Layak Huni

Rumah tak layak huni. Ilustrasi
Foto: .
Rumah tak layak huni. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi, Jawa Barat, memberikan bantuan kepada 10 rumah tangga miskin dengan cara memperbaiki rumah tidak layak huni (RTLH) yang ditinggali mereka."Jumlah RTLH yang diperbaiki ada 10 rumah yang berada di enam Kecamatan. Perbaikan rumah ini kami namakan Program Sukabumi Peduli," kata Ketua Baznas Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya di Sukabumi, Rabu Kemarin.

Menurut dia, total anggaran perbaikan rumah tahap pertama ini sebesar Rp30 juta. Adapun calon penerima dana zakat dari Program Sukabumi Peduli tersebut terlebih dahulu diseleksi dari permohonan yang masuk ke Baznas Kota Sukabumi.Kemudian Baznas akan melakukan survei kelayakan.

Bila layak dibantu, maka besarnya bantuan ditentukan tim survei yang disesuaikan dengan kebutuhan perbaikan rumah dan dana yang tersedia di Baznas Kota Sukabumi Rp3 juta untuk setiap mustahik.Selain itu, rumah yang akan dibantu tersebut berdiri di atas tanah yang bebas dari masalah. Bila bermasalah, maka bantuan tidak akan dikucurkan karena tanah jika bermasalah nantinya menimbulkan persoalan antara pemilik dengan yang mendapatkan bantuan.

"Perbaikan RTLH ini kami lakukan secara rutin dan dana yang disebabkan berasal dari zakat, infaq dan sedekah warga yang disumbangkan melalui Baznas Kota Sukabumi," katanya.Wali Kota Sukabumi M Muraz mengapresiasi program Baznas Kota Sukabumi karena selain mengalami peningkatan pendapatan, juga progamnya sangat mengena di masyarakat seperti perbaikan RTLH ini."Kami sangat terbantu dengan program ini karena jika mengandalkan Pemkot Sukabumi saja, maka akan sulit terlaksana yang disebabkan oleh keterbatasan anggaran," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement