Selasa 22 Aug 2023 18:14 WIB

Gebyar Muhharam, Baznas Salurkan Santunan ke Ribuan Anak Yatim di Sukabumi

Baznas Kota Sukabumi menyalurkan santunan kepada sebanyak 1.670 anak yatim dhuafa.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi Miftah Amir dan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyalurkan santunan anak yatim dari Baznas ke anak yatim di panti asuhan di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Selasa (22/8/2023).
Foto: Baznas Kota Sukabumi
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi Miftah Amir dan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyalurkan santunan anak yatim dari Baznas ke anak yatim di panti asuhan di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Selasa (22/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak 1.670 anak yatim dhuafa mendapatkan santunan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi dalam program gebyar Muharram. Ribuan anak yatim tersebut berasal dari masyarakat umum maupun panti asuhan dan sekolah.

''Di momen Bulan Muharram sudah menjadi program rutin Baznas Kota Sukabumi mengadakan Program Gebyar Muharram,'' ujar Ketua Baznas Kota Sukabumi Miftah Amir, Selasa (22/8/2023). Kegiatan tersebut mengajak masyarakat yang dermawan untuk berinfaq menumbuhkan dan menanamkan rasa kepedulian masyarakat kepada sesama.

Baca Juga

Infak yang terhimpun itu lanjut Miftah disalurkan kepada anak yatim dhuafa se-Kota Sukabumi. Selain melibatkan masyarakat, Baznas juga melibatkan siswa siswi sekolah di dalam berinfak. Hal ini terang Miftah, dilakukan untuk melatih dan menumbuhkan rasa kepedulian bagi siswa dan siswi kepada sesama sejak dini.

"Targetnya semoga anak-anak ini tumbuh menjadi orang yang dermawan dan tertanam rasa peduli yang tinggi kepada sesamanya di kemudian hari," ujarnya.

 

photo
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi Miftah Amir dan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyalurkan santunan anak yatim dari Baznas ke anak yatim di panti asuhan di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Selasa (22/8/2023). - (Baznas Kota Sukabumi)

 

Miftah menerangkan, dari data yang ada tahun ini Baznas Kota Sukabumi dari kupon yang di sebar sejak 18 juli 2023 hingga 20 Agustus 2023 terhimpun sebesar Rp 230.100.000. Dari total dana terhimpun, Baznas Kota Sukabumi menyalurkan santunan kepada sebanyak 1.670 anak yatim dhuafa.

Rinciannya terang Miftah, sebanyak 993 anak yatim di masyarakat, 578 anak yatim di sekolah, 80 melalui kemenag dan anak yatim di 19 panti asuhan yang ada di Kota Sukabumi. Dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp 184.100.000.

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan dalam hal ini Peraturan Badan Amil Zakat Nasional Nomor 1 tahun 2016 pasal 8 Tentang Besaran Hak Amil kata Mifrah, maka 20 persen sisanya yaitu sebesar Rp 46 juta di gunakan untuk operasional. Misalnya untuk pencetakan kupon, transport, UPZ, dan lain-lain.

Menurut Miftah, adapun data anak yatim yang menjadi penerima manfaat pada program gebyar Muharram ini didapatkan dari Kelurahan dan Dinas Pendidikan serta panti asuhan. Data ini terverifikasi oleh tim penyaluran Baznas Kota Sukabumi.

''Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang telah menitipkan sebagian hartanya kepada Baznas melalui program gebyat Muharram Baznas Kota Sukabumi,'' ungkap Miftah. Harapannya segala kebaikan yang telah diberikan semoga tercatat sebagai amal shalih dihadapan Allah SWT.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement