Senin 07 Aug 2023 21:34 WIB

Keberadaan Baznas Sukabumi Dinilai Bantu Dongkrak Perekonomian Umat

Bantuan Baznas dinilai sudah diberikan merata demi kesejahteraan masyarakat.

Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, keberadaan lembaga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membantu Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam upaya percepatan dan pemerataan pembangunan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. "Baznas Kabupaten Sukabumi merupakan lembaga terpercaya dan bersinergi dengan Pemkab Sukabumi dalam upaya menyelesaikan persoalan umat khususnya masyarakat kurang mampu dari sisi ekonomi serta ikut dalam membantu percepatan dan pemerataan pembangunan di Kabupaten Sukabumi," katanya usai menghadiri acara Baznas Award 2023 di Pendopo Sukabumi pada Senin (7/8/2023).

Menurut Marwan, Baznas Kabupaten Sukabumi ternyata memiliki berbagai program inovasi dalam upaya peningkatan perekonomian umat serta percepatan pembangunan seperti program Berdaya Bersama Zakat (Bebeza), kemudian program pengumpulan zakat, infak dan sedekah (ZIS), hingga pendistribusian dan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga

Tentunya apa yang telah dilakukan Baznas berkontribusi dan mendorong percepatan dan pemerataan pembangunan di Kabupaten Sukabumi melalui percepatan penyaluran bantuan kepada masyarakat. Dengan berzakat pastinya memiliki keberkahan yang luar biasa, sehingga setiap Muslim harus memiliki pondasi yang kuat untuk meyakini bahwa ajaran Islam itu pasti memiliki hikmah dalam kehidupan. 

"Kami meyakini melalui zakat yang dikelola dengan baik persoalan di masyarakat khususnya masalah kemiskinan bisa cepat teratasi," tambahnya.

 

Ia pun berharap kesadaran warga Kabupaten Sukabumi khususnya umat Muslim untuk melaksanakan zakat, infak, dan sedekah semakit meningkat terutama dalam menyalurkannya ke Baznas Kabupaten Sukabumi. Agar ZIS yang telah diserahkan warga kepada lembaga ini bisa dikelola dan disalurkan secara tepat sasaran serta lebih bermanfaat.

Sementara, Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi Unang Sudarma mengatakan Baznas Award 2023 ini merupakan salah satu kegiatan untuk menginformasikan dan transparansi kegiatan pengelolaan ZIS yang dikelola oleh Baznas Kabupaten Sukabumi. Masyarakat bisa mengetahui jumlah ZIS yang terkumpul hingga penyaluran. Kemudian pihaknya pun terus mengembangkan berbagai peluang pengelolaan ZIS dari masyarakat yang tentunya sesuai dengan syariat Islam.

Adapun program penyaluran ZIS dari masyarakat digunakan untuk pemberdayaan warga melalui beasiswa, bantuan kesehatan, renovasi rumah tidak layak huni, gerakan memakmurkan masjid, satu kecamatan satu sarjana dan dalam juga digunakan untuk membangun masjid yang berada di Selabintana. Kecamatan Sukabumi.

Maka dari itu, ia mengimbau kepada masyarakat yang ingin menyalurkan ZIS bisa menitipkan kepada Baznas Kabupaten Sukabumi. Tentunya apa yang telah diamanahkan tersebut akan dikelola dan digunakan sesuai peruntukkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement