Senin 08 Aug 2016 20:30 WIB

Ini Ciri Khas Islamic Center Irlandia

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko
Gedung Islamic Center Cultural of Ireland
Foto: Youtube.com
Gedung Islamic Center Cultural of Ireland

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secara struktur bangunan terdiri dari lima bagian yang saling terhubung dengan sebuah koridor. Konstruksi bangunan ICC secara keseluruhan tersusun dari struktur baja dan susunan bata yang diperkuat dengan baja stainless steel. Ini membuat warna khas pada bangunan yang didominasi kuning krem dan cokelat. Seperti pada setiap kompleks bangunan Islam, struktur yang selalu paling penting dari kompleks ICCI ini adalah bangunan masjidnya.

Pada struktur kubah dan menara menunjukkan ciri khas sabit dari tembaga di atasnya yang menyimbolkan kalender lunar Islam. Pada pintu masuk masjid terdapat tiga buah gerbang dengan struktur tangga yang dibuat khusus dari batu pualam hitam dengan tiga kubah kecil di atasnya. Di dalam masjid, interior ruang shalat terlihat sederhana, namun suasana mewah dan elegan tetap tercipta dengan pencahayaan dan dominasi warna putih di dalamnya.

Di ruang tengah masjid ini terdapat lampu hias yang cukup indah menggantung di sisi dalam kubah masjid. Ruangan masjid dilapisi dengan karpet berwarna hijau dan krem. Dinding bagian dalam dihias dengan ukiran kaligrafi Alquran. Demikian juga dengan pintu kayu, lapik pilar yang terbuat dari pualam, dan layar dari metal yang menutup jendela. Di atas mihrab masjid ini dihias dengan kaligrafi dari kalimat dua syahadat. Mimbar khatib ini ditempatkan di bagian kanan dari ruang mihrab.

Bagian dalam ruang shalat juga terdapat struktur lantai dua berbentuk balkon yang dikhususkan bagi jamaah wanita. Bagian balkon ini dihias dengan kaca hias yang umum dipakai di kebanyakan masjid. Ruang wudhu di masjid ini pun dipisahkan antara tempat wudhu pria dan wanita. Ruang wudhu berdekatan dengan ruang madrasah dan perpustakaan, namun tetap terpisah antara jamaah laki-laki dan perempuan.

Di sisi lain dari pintu masuk masjid tersebut juga bersebelahan dengan ruang perkantoran dan administrasi ICCI berlangsung. Sebuah ruangan yang berfungsi sebagai madrasah, telah berdiri Nurul Huda Qur’anic School yang berfungsi sebagai sekolah pembelajaran Alquran dan ilmu agama bagi anak-anak Muslim Irlandia. Di luar bangunan, kawasan hijau mendominasi kawasan ICCI, dengan halaman rumput hijau dan parkir yang cukup luas di samping kanan dan kiri kompleks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement