Rabu 03 Aug 2016 11:49 WIB

Lantunan Ayat Alquran dari Ajang MTQ Getarkan Hati Sopir Taksi

 Kafilah dari DKI Jakarta, Dasrizal melantunkan ayat suci Al Quran saat babak penyisihan MTQ Nasional ke XXVI cabang Sab’ah yang diselenggarakan di Islamic Center Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Ahad (31/7).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Kafilah dari DKI Jakarta, Dasrizal melantunkan ayat suci Al Quran saat babak penyisihan MTQ Nasional ke XXVI cabang Sab’ah yang diselenggarakan di Islamic Center Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Ahad (31/7).

REPUBLIKA.CO.ID, Zaini punya pengalaman berbeda saat perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran ke-26 di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang digelar sejak akhir pekan lalu.

Sopir taksi asal Mataram ini selalu mendengar lantunan tilawah peserta MTQ dari  radio mobilnya. Stasiun RRI Kota Mataram memang menyiarkan langsung lantunan ayat suci Al-Quran qori-qoriah peserta MTQ setiap golongan langsung dari Astaka MTQ Islamic Center Mataram.

"Saya pantengin siaran langsung tilawah ini di radio mobil saya. Setiap mendengar alunan indah Alquran itu, terus terang kulit saya merinding dan hati saya bergetar," ujar Zaini belum lama ini seperti dilansir laman resmi Kemenag. "Sebelum bapak bertanya pendapat saya tentang kesan mendengar tilawah ini, hati saya menangis," ujarnya kembali dengan dialek khas Lombok.

Setiap usai Maghrib, ketika ia mulau menjalankan tugasnya, pria kelahiran Lombok ini langsung memutar radio RRI yang menyiarkan langsung cabang tilawah. Ketika diminta menilai siapa yang paling bagus di antara peserta yang ia dengar dan simak bacaannya, Zaini mengaku sulit memilih. 

"Sulit saya menilai mana yang paling bagus, semuanya bagus, karena mereka adalah orang-orang terbaik di setiap provinsinya. Yang paling penting, saya bahagia dan senang MTQ ini berlangsung di Mataram, dan dengan mendengar bacaan tilawah ini, saya semakin termotivasi untuk membaca dan mempelajari Alquran," ujar Zaini.

Zaini mengatakan, setiap malam isteri beserta anak-anaknya hadir di arena utama MTQ untuk mendengar lantunan tilawah peserta MTQ. Ia juga berharap anaknya kelak semakin mencintai dan berkeinginan mempelajari Alquran.

Arena utama MTQ di Islamic Center Mataram, penuh oleh lautan masyarakat yang rapat mendengar alunan indah tilawah qori/qoriah. Mereka tumpah ruah, tidak hanya memenuhi panggung utama dan tribun yang ada, tapi juga menyaksikannya melalui layar lebar yang tersedia di sisi jalan perempatan Islamic Center Mataram.

Setiap usat ayat selesai dilantunkan, maka menggema kalimat Allah menggetarkan Kota Mataram yang setiap malamnya semarak oleh lampu-lampu indah. Ayat-ayat Alquran itu juga yang mampu menggetarkan hati Zaini di setiap malam-malamnya selama perhelatan MTQ ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement