Senin 12 Dec 2022 23:30 WIB

Bima Arya: MTQ Upaya Mencetak Generasi Islami dan Qurani.

MTQ bukan hanya sekadar kompetisi.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Bima Arya: MTQ Upaya Mencetak Generasi Islami dan Qurani.
Foto: Antara
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Bima Arya: MTQ Upaya Mencetak Generasi Islami dan Qurani.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengajak masyarakat menjadikan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tidak hanya sebuah kompetisi, melainkan juga sebagai upaya pembinaan mencetak generasi Islami dan Qurani.

"Saya bersyukur karena dinasehati banyak, diberikan saran banyak, disodorkan konsep oleh para ulama, para ustadz, para pengurus MUI, DMI, agar tidak hanya lomba, tidak hanya festival, tapi juga pembinaannya," kata Bima di Kota Bogor, Senin (12/12/2022).

Baca Juga

Bima mengutarakan dalam pembukaan (MTQ) ke-41 yang dilaksanakan di Gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB), Jalan Pajajaran, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Senin (12/12/2022) diharapkan menambah semangat masyarakat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bima menyampaikan atas berbagai saran dari para ulama, muncul program yang telah lama diluncurkan untuk memberikan insentif kepada guru ngaji, program Bogor mengaji dan santunan untuk ustadz-ustadzah, guru ngaji, marbut yang meninggal dunia serta pelaksanaan pendidikan dasar ulama serta Dai sebaya yang diadakan oleh MUI Kota Bogor.

 

"Ini semua adalah konteks pembinaan sehingga kita memiliki sistem yang menyeluruh," katanya.

Ketua LPTQ Kota Bogor Ade Sarmili mengatakan MTQ bagi LPTQ bukanlah sebuah muara akhir dalam penilaian keagamaan di Kota Bogor, namun merupakan Ijtihad atau usaha sungguh-sungguh dalam membina keagamaan di Kota Bogor.

"Oleh karenanya MTQ bukanlah satu-satunya instrumen untuk menilai pembinaan keagamaan di Kota Bogor," ujarnya.

Ade menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota Bogor Bima Arya yang terus melakukan usaha atau ikhtiar bahkan usaha sungguh-sungguh atau Ijtihad dengan berbagai program yang diluncurkan, seperti program Bogor mengaji yang tujuannya membentuk karakter masyarakat yang cinta terhadap kitab suci Alquran.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement