Kamis 28 Jul 2016 06:37 WIB

Gubernur NTB Baca Alquran Bersama Seribu Huffazh

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, M. Zainul Majdi memberikan kata sambutan sekaligus membuka Muktamar IPQAH Ke-3 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, rabu (27/7). (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto:
Islamic Center Nusa Tenggara Barat, Mataram, tempat utama penyelenggaraan MTQ Nasional XXVI, yang akan digelar 28 Juli hingga 7 Agustus 2016.

Sekretaris Daerah (Sekda)  Provinsi NTB  H Rosiady Susaenie Sayuti mengatakan seluruh stakeholder NTB siap menyukseskan MTQ Nasional ke-27 yang akan digelar di Kota Mataram, 28 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang.

Sukses penyelenggaraan, kata Rosiady,  seluruh rangkaian penyelenggaraan MTQN  dari awal sampai akhir harus terlaksana dengan sebaik mungkin. Hal itu tentunya harus dimulai dari perencanaan, persiapan seluruh tempat venue, infrastuktur pendukung dan IT,  akomodasi, prosesi acara, berbagai event pendukung, hingga kunjungan wisata ke berbagai destinasi terpilih.

“Semuanya  harus direncanakan, dipersiapkan dan dilaksanakan sebaik mungkin,” ujar Rosiady.

 

Gubernur NTB,  lanjut dia, berpesan agar penyelenggaraan MTQN ini di  bisa memberikan nuansa yang berbeda dibandingkan MTQ-MTQ Nasional sebelumnya. Salah satunya adalah pameran peradaban Islam yang akan menampilkan sejarah peradaban  Islam di Indonesia, maupun NTB pada khususnya.

 

Rosiady yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Nusa Tenggara Barat melanjutkan, inovasi lainnya di MTQN tahun 2016   adalah live streaming. Sehingga masyarakat bisa menyaksikan langsung MTQN melalui internet secara live dan realtime. “Dan, yang monumental pada MTQN tahun 2016  ini adalah peresmian Islamic Center NTB oleh Presiden Jokowi,” papar Rosiady.

 

Perkampungan Islamic Center ini  akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat NTB. Kompleks ini dihiasai dan ditunjang oleh sejumlah fasilitas keagamaan, seperti   bangunan masjid berkapasitas 15 ribu jamaah, gedung pendidikan terpadu yang terdiri atas TK, SD, SMP, SMA, dan Community College, serta gedung Pengkajian Keislaman dan Ilmu Teknologi.

 

NTB ditetapkan sebagai kota penyelenggaraan MTQ  Nasional ke-26. Dasar  penetapan NTB Sebagai Tuan Rumah MTQ Nasional 2016 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama No.189 Tahun 2014 tentang Penetapan NTB Sebagai Tuan Rumah MTQ Nasional ke-26

 

Sebagai tindak lanjut dari SK Menteri Agama tersebut, Pemprov NTB menerbitkan SK Gubernur  NTB No: 451.14-579 tahun  2015 Tanggal 29 September 2015 Tentang  Pembentukan Panitia Penyelenggara MTQ Nasional XXVI Tahun 2016 Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement