Kamis 02 Jun 2016 08:44 WIB

Penyanyi Religi AS Kagumi Masjid di Indonesia

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Andi Nur Aminah
Raef Haggag
Foto: akbar/republika
Raef Haggag

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid yang ada di Indonesia memang luar biasa. Selain arsitektur, masjid di Indonesia menjadi sejarah peradaban masyarakat.

Penyanyi religi asal Marryland Amerika Serikat, Raef Haggag, mengungkapkan kekagumannya kepada masjid-masjid yang ada di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Ia mengakui, setidaknya terdapat tiga masjid dengan masing-masing alasan berbeda, yang membuatnya bersyukur diberikan kesempatan untuk berkunjung.

"Masjid di Bandung (Al Irsyad) karena arsitektur, Ashabul Kahfi di Tuban karena unik dan Al Aqsa di Kudus karena toleransi luar biasa," kata Raef, Rabu (1/6).

Untuk Masjid Ashabul Kahfi, Raef merasa kaget lantaran masjid itu ada di dalam sebuah gua. Mereka harus menunduk terlebih agar dapat masuk ke dalam masjid. Sementara, toleransi Masjid Menara Kudus membuatnya terharu, termasuk kebiasaan masyarakat yang tidak memakan daging merah sebagai rasa hormat.

Ia mengatakan, perjalanannya berkeliling 30 masjid sangatlah melelahkan karena harus dilalui lewat jalur darat, serta harus kesulitan mencapai beberapa lokasi yang sulit dijangkau. Namun, Raef menekankan rasa lelah yang dirasakan sangat sepadan dengan banyaknya pengalaman yang ia dapatkan.

Raef sendiri berkesempatan berkeliling 30 masjid yang ada di Pulau Jawa, untuk sebuah program televisi Ramadhan di Indonesia yang akan tayang di salah satu tv swasta (Trans 7). Program itu disponsori Bank Rakyat Indonesia (BRI), serta mendapat dukungan langsung dari Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement