Selasa 26 Apr 2016 09:40 WIB

Pemuda Muhammadiyah Helat Festival Seudati

Tari Seudati
Foto: Antara
Tari Seudati

REPUBLIKA.CO.ID, LHOKSEUMAWE - Pemuda Muhammadiyah Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, menggelar festival Seudati yang merupakan satu dari tari tradisional Aceh dimulai sejak Senin (25/4).

Festival itu diselenggarakan dalam rangka peringatan Milad ke-84 Pemuda Muhammadiyah. Festival dibuka Wali Kota Suaidi Yahya yang diikuti 23 klub, mulai tingkat SD, SMP sampai tingkat SMA selama dua hari.

Wali Kota Suaidi mengatakan, pihaknya menyambut baik festival Seudati. Selain melestarikan seni budaya daerah juga menjadi salah satu usaha untuk menjalin silaturahmi antar sesama seniman.

Apalagi, lanjut wali kota, Seudati merupakan salah satu kesenian tertua di Aceh dan lahir dari daerah pesisir, sehingga patut untuk terus dipertahankan dan dikembangkan pada generasi muda.

Pada kesempatan itu, Suaidi Yahya juga mengisahkan sejarah lahirnya Seudati pada masyarakat Aceh. Tarian itu dilakukan nelayan sehabis pulang melaut. Masyarakat pada masa lalu melakukan Seudati yang diiringi syair.

Syair yang dibacakan oleh seorang syeh juga membahas masalah agama. "Karena itu, Seudati selain sebagai sebuah seni dalam masyarakat Aceh, juga sebagai salah satu sarana media dakwah dan penyampaian pesan-pesan agama," tutur Wali Kota.

Sementara itu, Ketua Pemuda Muhammadiyah Lhokseumawe Abdul Gani Al Haitami menambahkan, pihaknya akan berusaha agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang. Ia juga siap bekerjasama dengan Pemko Lhokseumawe untuk melestarikan budaya dan seni daerah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement