Rabu 20 Apr 2016 15:58 WIB

HNW Pesantren Sudah Implementasikan Empat Pilar

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.
Foto: MPR
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menyatakan pondok pesantren di berbagai daerah sudah mengimplementasikan Empat Pilar MPR yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Sosialisasi Empat Pilar di lingkungan pesantren hanya untuk menyegarkan kembali agar kita hidup dan menghidupi Indonesia, karena inilah negara kita," kata Hidayat Nur Wahid dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (20/4).

Hidayat mencontohkan, implementasi nilai-nilai empat pilar tersebut khususnya adalah nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang sudah dilaksanakan sehari-hari di pondok pesantren. Contohnya, ujar dia, tidak ada tawuran antarpesantren atau tawuran antarsantri di pesantren. "Komunitas pesantren adalah manusia yang adil dan beradab," jelasnya.

Selain itu, ia mengemukakan pondok pesantren sangat mementingkan persatuan Indonesia sebagaimana sila ke tiga, dan segala sesuatunya dimusyawarahkan di dalam pesantren selaras sila ke empat.

"Sila ke lima Pancasila, kehidupan di pesantren sangat sederhana dan tidak bermewah-mewah," papar Hidayat. Dengan sosialisasi di kalangan pesantren ini, menurut Wakil Ketua MPR RI, pihaknya ingin menyegarkan kembali keindonesiaan agar tidak tercabik-cabik.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Kabupaten Ciamis, Minggu (10/4) menyampaikan, kebangkitan peradaban pesantren adalah modal kemajuan bangsa Indonesia.

"Kewajiban kita semua untuk menghadirkan peradaban pesantren melalui dua syarat utama, yaitu pertama penguasaan ilmu yang diekstrak dari Al Quran dan Al Hadist yang di dalamnya bercerita tentang benar dan salah, baik dan tidak baik, boleh dan tidak boleh. Kedua adalah penguasaan pengetahuan yang diekstrak dari ayat-ayat kauniyah dari alam semesta dengan baik," kata Ahmad Heryawan saat menghadiri Pondok Pesantren Alquran Cijantung Ciamis.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement