Jumat 08 Apr 2016 10:38 WIB

Islamic Book Fair akan Meriahkan MTQ Nasional di Lombok

Wagub NTB Muhammad Amin (tengah) menerima pengurus Ikapi DKI Jakarta yang dipimpin ketuanya, Afrizal Sinaro (ketiga dari kiri), di kantor Wagub NTB, Mataram, Jumat (8/4).
Foto: Irwan Kelana/Republika
Wagub NTB Muhammad Amin (tengah) menerima pengurus Ikapi DKI Jakarta yang dipimpin ketuanya, Afrizal Sinaro (ketiga dari kiri), di kantor Wagub NTB, Mataram, Jumat (8/4).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional 2016 akan digelar di Islamic Center, Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada akhir Juli hingga awal Agustus 2016. Panitia MTQ yang ditunjuk oleh Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi tengah mempersiapkan acara inti maupun sejumlah acara pendukung untuk memeriahkan dan menyukseskan perhelatan akbar tersebut.

“Pak Gubernur NTB berkali-kali menegaskan, agar MTQ Nasional tersebut tidak hanya sekadar MTQ atau mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Alquran. Tetapi, event ini juga sekaligus dijadikan sebagai wahana edukasi dan  hiburan bagi masyarakat NTB. Momentum MTQ Nasional 2016, NTB tidak hanya sukses sebagai tuan rumah, tetapi juga sukses secara ekonomi,” kata Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin.

Ia mengemukakan hal tersebut  saat menerima  pengurus Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta yang dipimpin ketuanya, Afrizal Sinaro, di kantor Wagub NTB Mataram, Jumat (8/4). Dalam pertemuan tersebut, Wagub  NTB didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan NTB, Lalu Gita Ariadi.

Dalam kesempatan tersebut, Afrizal mengungkapkan keinginan pengurus Ikapi DKI Jakarta, khususnya para penerbit buku Islam, untuk ikut berpartisipasi pada MTQ Nasional 2016 di Lombok, dengan menggelar Islamic Book Fair atau Pameran Buku Islam pada event MTQ tersebut. “Selain untuk memeriahkan dan menyukseskan MTQ Nasional 2016, pameran buku Islam tersebut juga dalam rangka meningkatkan minat dan budaya masyarakat, khususnya di NTB,” papar Afrizal.

Muhammad Amin menambahkan, Pemda NTB sudah merencanakan untuk menggelar pameran  peradaban Islam dalam rangkaian acara MTQ Nasional 2016, yakni  memadukan pameran haji dan umrah, hijabers,  dan pameran buku-buku Islam. “Karena itu kami senang dengan adanya rencana Ikapi DKI Jakarta ini,” tutur Muhammad Amin.

 Afrizal bersyukur,  niat pengurus Ikapi DKI tersebut  disambut dengan tangan terbuka oleh Wagub NTB. “Alhamdulillah, sambutan Wagub NTB sangat positif.  Kami berterima kasih atas sambutan yang luar biasa dan positif Wagub NTB terhadap rencana Ikapi DKI untuk berpartisipasi menggelar pameran buku Islam pada acara MTQ Nasional di Lombok,” ujar Afrizal Sinaro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement