Selasa 29 Mar 2016 14:28 WIB

Musabaqah Motivasi Remaja untuk Cinta Alquran

Rep: C23/ Red: Achmad Syalaby
musabaqah tilawatil quran ilustrasi
Foto: Republika/Musiron
musabaqah tilawatil quran ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia, bekerja sama dengan Kementerian Agama, menggelar musabaqah tilawatil Alquran dan hadis tingkat nasional di Hotel Balairung, Jakarta Pusat, Selasa (29/3).

Perlombaan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut perhelatan Musabaqah Alquran dan Hadis Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz tingkat ASEAN dan Asia Pasifik pada 17-21 April mendatang di Jakarta.

Ketua Panitia Penyelenggara Musabaqah Nasional Sobah Muhammad Syamsi menilai musabaqah yang dihelat oleh pemerintah Arab Saudi tidak hanya bertujuan untuk menguji kemampuan para peserta dalam membaca dan menghafal Alquran. "Tapi ini juga memotivasi para remaja untuk cinta kepada Alquran," katanya menjelaskan.

Selain itu, lanjutnya, musabaqah juga menjadi media bagi umat untuk memerkokoh hubungan persaudaraan. "Ini juga bertujuan untuk membangun ukhuwah kebersamaan di kalangan umat Islam karena tidak hanya diikuti oleh pribadi, tapi juga lembaga (Islam) di sejumlah provinsi," tutur Sobah.

 

Musabaqah tingkat nasional ini diikuti oleh 164 peserta, yang sebagian besar berusia remaja. Mereka merupakan wakil-wakil dari 25 provinsi di Indonesia.

Sobah mengatakan tahap seleksi atau penyaringan akan tuntas pada 31 Maret mendatang. Fase akhir tersebut akan dilaksanakan di kantor Kementerian Agama. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement