Kamis 17 Mar 2016 16:58 WIB

PKS Adakan Lomba Baca Kitab Kuning Berhadiah Umrah

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Angga Indrawan
Kitab Kuning
Foto: Antara
Kitab Kuning

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka menyambut Milad Partai Keadilan Sejahtera ke-18 pada April mendatang, Fraksi PKS DPR RI meluncurkan Lomba Baca Kitab Kuning bagi para santri/pelajar seluruh Indonesia. Lomba akan diselenggarakan serentak di 14 provinsi, dan gelar final yang akan diadakan di kantor DPP PKS.

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengatakan, lomba ini telah direncanakan sejak lama. Lomba, kata dia, digelar untuk meningkatkan kecintaan generasi muda Indonesia pada khazanah Ilmu Islam yang langsung bersumber dari rujukan utamanya. Juara pertama mendapat umrah ke tanah suci Makkah, sedangkan juara II dan III berturut-turut mendapatkan hadiah 20 juta rupiah dan 15 juta rupiah.

"PKS adalah partai dakwah yang sangat akrab dengan khasanah agama, termasuk kitab kuning," ujar Jazuli.

Lomba ini, kata dia, juga cara PKS menjunjung tinggi ulama salaf dan warisannya agar tetap memiliki tempat mulia di kalangan generasi muda. Lomba Baca Kitab Kuning PKS ini diperuntukkan bagi kalangan muda yang berusia 15-25 tahun, atau minimal pendidikan Aliyah. Untuk dapat mendaftarkan para santri/pelajar harus mendapatkan rekomendasi dari pimpinan pesantren, baik kiai, tuan guru, maupun ustaz, dan ustazah.

"Bangsa Indonesia sangat menjiwai nilai-nilai agama dan relijiusitas. Sehingga khazanah ilmu keagamaan, seperti Kitab Kuning ini harus terus dikembangkan di tengah masyarakat dan dipelajari terus khususnya bagi anak-anak muda," kata dia. Kitab yang dibaca, terang Jazuli, adalah Kitab Fathul Mu’in karya Syeikh Ahmad Zainuddin bin Abdul Aziz Al-Ma’bari Al-Malibari Al-Fananni Asy-Syafi’i.

Pendaftaran dibuka sejak 14 Maret dan babak final diselenggarakan 14 provinsi antara lain Aceh, Sumbar, Lampung, Jakarta, Banten, Jabar, Jateng, Yogyakarta, Jatim, NTB, Kalsel, Sulsel, Sulteng, Gorontalo. Pemenang dari 14 daerah tersebut akan lomba babak final pada Ahad, 24 April 2016 di Kantor DPP PKS di Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement