Jumat 11 Mar 2016 09:03 WIB

Kampus UIN Senilai Rp 1,7 Triliun Segera Dibangun

Kampus UIN Maliki Malang (ilustrasi).
Foto:

Anggaran pembangunan yang mencapai Rp 1,7 triliun tersebut berasal dari APBN. "Kampus III ini nanti diperkirakan mampu menampung sekitar 5.000 mahasiswa untuk setiap angkatan yang nantinya juga wajib 'nyantri' di ma'had selama dua tahun," katanya.

Mudjia mengatakan, jika di kampus I mahasiswa diwajibkan nyantri selama satu tahun di ma'had, di kampus III selama dua tahun. Selain untuk gedung perkuliahan, kampus III nanti juga dilengkapi pondok pesantren (ma'had ).

Untuk tahap pertama, katanya, gedung perkuliahan fakultas kedokteran (FK) akan didahulukan. Perkiraannya, fakultas ini sekitar 35 persen dari seluruh bangunan.

"Di kawasan FK nanti, juga akan dibangun masjid kampus yang cukup megah seluas 10 ribu meter persegi dengan dana bantuan dari Timur Tengah senilai Rp 300 miliar," kata Mudjia.

Jika seluruh bangunan Kampus III UIN Maliki tersebut tuntas, Mudjia berharap kampus itu akan menjadi kampus wisata. Masyarakat umum bisa datang dan menikmati fasilitas yang memang diperuntukkan publik. Nanti ada pusat bisnis, ruang publik, dan pusat olahraga.

"Kota Batu ini dikenal sebagai kota wisata, jadi harapannya wisatawan yang sudah menikmati berbagai wahana wisata di Kota Batu, mampir ke UIN," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement