Kamis 22 Feb 2024 07:43 WIB

Ini 9 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Berstatus Unggul

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri terus berinovasi.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI Bidang Teknologi Informasi, Nadratuzzaman Hosen dikukuhkan sebagai Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
Foto: Dok. BAZNAS
Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI Bidang Teknologi Informasi, Nadratuzzaman Hosen dikukuhkan sebagai Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan bahwa ada sembilan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan kreditasi institusi unggul.

Direktur Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kemenag, Prof Ahmad Zainul Hamdi yang akrab disapa Ahmad Inung menyampaikan, di Kemenag sebetulnya tidak pernah membuat peringkat PTKIN terbaik karena peringkat biasanya dibuat oleh lembaga yang membuat rangking. Kemenag pendekatannya lebih kepada capaian akreditasi. Sebab key performance indicator (KPI) Diktis adalah tentang akreditasi.

Baca Juga

"Sekarang ada sembilan PTKIN dengan kreditasi institusi unggul, itu masuk jajaran (perguruan tinggi) top nasional," kata Prof Ahmad Inung saat diwawancarai Republika di Kemenag, Rabu (21/2/2024)

Prof Ahmad Inung menjelaskan, sembilan PTKIN itu di antaranya

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sejarah berdirinya Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung tidak lepas dari IAIN Sunan Gunung Djati Bandung karena UIN merupakan kelanjutan dan pengembangan dari IAIN SGD Bandung.

Berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 57 Tahun 2005, tanggal 10 Oktober 2005, bertepatan dengan tanggal 6 Ramadhan 1426 H, IAIN berubah statusnya menjadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

photo
Lima Universitas Islam Negeri yakni UIN Ar-Raniy Banda Aceh, UIN Mataram, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan UIN Raden Fatah Palembang mendatangani nota kesepahaman dengan Universiti Utara Malaysia (UUM) - (Ronggo Astungkoro/Republika)

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Orang mengenalnya dengan sebutan UIN Ciputat. Basis keilmuan dan keislaman ini sejak lama menjadi tempat pengkajian Islam secara serius. Sejumlah cendekiawan Muslim lahir di sini, seperti Prof Nurcholis Madjid, Prof Komarudin Hidayat, Prof Zakiah Darajat, dan banyak lagi. 

Pada era 2000-an, perguruan tinggi ini berkembang menjadi UIN. Saat itu dipimpin oleh alm Prof Azyumardi Azra. Jebolan Universitas di Amerika itu membangun banyak inovasi sehingga menjadikan UIN Ciputat berkelas dunia.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah salah satu perguruan tinggi Islam negeri di Indonesia yang berlokasi di Jl. Marsda Adisucipto, Yogyakarta, Indonesia 55281.

UIN Walisongo Semarang

Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, adalah salah satu universitas negeri di Indonesia yang berafiliasi khusus dengan agama islam. Dari sekian banyak universitas islam di Indonesia, UIN Walisongo adalah salah satu UIN di Semarang yang mempunyai predikat yang tidak kalah dengan universitas negeri lainnya. 

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement