Senin 22 Feb 2016 08:15 WIB

Metode Ini Dijamin Buat Anda Menghafal Alquran Semudah Tersenyum

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Karta Raharja Ucu
Muslimah dan Alquran
Foto: islampeace
Muslimah dan Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Puluhan peserta tampak antusias dan ceria saat mengingat beberapa penggalan ayat Alquran. Mereka menghafal secara berkelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari lima sampai tujuh orang.

Ada yang berbeda dari metode hafalan yang mereka lakukan kali ini. Peserta tidak mengulang bacaannya dengan duduk diam. Namun secara bersama-sama mereka melakukan gerakan yang telah disepakati, sambil membaca ayat yang sesuai dengan gerakan tersebut.

"Misalnya, tangan kita digerakkan ke atas kalau ada ayat yang ada kata As-Sama’i. Itu kan artinya langit. Menghafalnya seperti itu, biar kita mudah ingat," tutur peserta Training of Trainer (TOT) 1.000 Mualim Alquran asal Kota Gede, Rahayu (46 tahun) saat berbincang dengan Republika.co.id, Ahad (21/2).

Ia sendiri mengaku senang bisa mengikuti pelatihan menghafal Alquran yang diselenggarakan Kauny Quantum. Sebab, kegiatan menghafal yang diajarkan Ustaz Bobby Herwibowo ini tidak membosankan. Bahkan cenderung mengasyikkan, karena melibatkan aktivitas motorik tubuh yang menyegarkan ingatan.

Selain bisa menghapal bunyi ayat, peserta juga dapat mengingat makhroj, tajwid, dan arti ayat dengan mudah. “Kalau di talaqqi biasanya kan kadang-kadang kita tegang atau takut. Tapi ini tidak,” kata Rahayu. Talaqqi artinya belajar ilmu agama secara langsung kepada guru yang mempunyai kompetensi ilmu, tsiqah, dhabit dan mempunyai sanad keilmuan yang muttashil sampai ke Rasulullah saw melalui para ulama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement