Sabtu 20 Feb 2016 22:07 WIB

'Di Sini Tempat Rasul Membai'at Jin

Jamaah haji keluar dari Masjid Jin seusai menunaikan shalat Zhuhur berjamaah.
Foto: Republika/Heri Ruslan/ca
Jamaah haji keluar dari Masjid Jin seusai menunaikan shalat Zhuhur berjamaah.

REPUBLIKA.CO.ID, Masjid bersejarah banyak terdapat di kota suci Makkah. Salah satunya adalah Masjid al-Jin. Terletak di sebelah kiri naik ke pekuburan Ma'la di samping jembatan penyeberangan.

Jika dari Masjidil Haram hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer saja.  Lokasi tempat Masjid Jin berada adalah daerah pemondokan jamaah haji Indonesia. Bagi mereka yang pemondokannya di kawasan Ja'fariyah, pasti selalu melintasi Masjid Jin sebelum atau sesudah dari Masjidil Haram. 

Dinamakan masjid Jin karena di sanalah dahulu Nabi Muhammad SAW menulis surat ke Ibnu Mas'ud ketika menerima rombongan jin yang ingin berbai'at kepada Nabi, setelah sebelumnya mereka pernah bertemu dengan Nabi di Nakhlah dalam perjalanan pulang dari Thaif pada tahun ke-10 kenabian.

Ketika itu, setelah Rasulullah membacakan ayat suci Alquran kepada paran jin. Mereka pun mengimani Allah dan kerasulan Muhammad SAW. 

Umat Muslim juga mengenalnya dengan nama Masjid al-Haras. Ukuran bangunannya sedang saja, tidak terlalu besar. Tapi bentuknya cukup indah, berarsitektur modern, serta dilengkapi sebuah menara yang tidak terlalu tinggi.

Warna tembok kecoklatan. Sementara, di depan mesjid terdapat beberapa tangki berisi air Zamzam untuk minum para pengunjung. Bangunan masjid yang kini berdiri merupakan hasil renovasi terakhir pada lima tahun lalu atau pada tahun 1421 Hijriyah. Bangunan masjid tersebut termasuk salah satu bangunan yang dipelihara oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi. 

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement