Ahad 07 Feb 2016 02:58 WIB

Bentengi Diri dengan Akidah

Rep: sri handayani/ Red: Damanhuri Zuhri
Ahmad Satori Ismail
Foto:
Guru Agama Islam (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain membentengi dari aliran menyimpang, menurut Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini. pemahaman akidah yang baik akan menjadikan seseorang menjadi umat yang baik pula. Oleh karena itu, pendidikan akidah yang baik pada dasarnya menjadi hak dasar seorang Muslim.

Kiai Satori menjelaskan, pengajaran akidah merupakan kewajiban orang tua. Mereka hendaknya menanamkan akidah Islam kepada anak-anaknya sejak masih kecil.

Namun, ada pula orang tua yang tidak mampu atau tidak mempunyai kapasitas pengetahuan yang cukup untuk menjelaskan perkara akidah kepada anaknya. Maka, mereka wajib memberikan pendidikan melalui sekolah atau lembaga pendidikan Islam yang baik.

Menurut Kiai Satori, kemajuan teknologi memang memudahkan manusia untuk mengakses sumber-sumber pembelajaran agama dengan lebih mudah. Namun, kehadiran guru atau ustaz penting untuk memberikan pemahaman yang baik.

Dalam mempelajari akidah, seorang Muslim hendaknya memilih guru yang baik. Guru tersebut harus mampu memahami kebutuhan spiritual muridnya.

Seseorang bisa saja belajar pada beberapa guru untuk perkara-perkara tertentu, misalnya fikih, akhlak, dan lain-lain. Namun, akan lebih baik jika ada seorang guru yang mampu memahami perkembangan spiritualnya, sehingga materi yang perlu diajarkan akan diberikan dengan tuntas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement