Kamis 07 Jan 2016 11:51 WIB

Madrasah Bidang Pertanian Pertama Siap Dibangun

Kini makin banyak madrasah yang memiliki keunggulan dan mampu menjadi alternatif pendidikan. (Ilustrasi)
Foto: Antara
Kini makin banyak madrasah yang memiliki keunggulan dan mampu menjadi alternatif pendidikan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau awal tahun 2016 ini akan memulai pembangunan Madrasah Aliah (MA) kejuruan bidang pertanian di Kabupaten Rokan Hulu.

"Di Rokan Hulu akan dibangun fisiknya dulu MA pertanian yang berlokasi di Kecamatan Rambah. Kami sudah minta pemerintah kabupaten setempat menyediakan lahan dan sudah ada," kata Kepala Kanwil Kemanag Riau Tarmizi Tohor di Pekanbaru, Kamis (7/1).

Ia mengatakan bahwa pembangunan MA itu merupakan program unggulan karena selama ini hanya ada madrasah umum atau tidak bersifat kejuruan. Tarmizi berharap MA pertanian itu menjadi percoontohan. Setelah itu, program kejuruan lain.

Secara nasional, kata dia, hanya lima provinsi yang mendapatkannya dari Kemenag RI, dan Provinsi Riau adalah salah satunya."Ini program nasional, anggaran pusat dari pusat. Akan tetapi, nanti tetap ada kerja sama dengan pemerintah daerah. Pada tahun ini untuk fisik awal telah kami siapkan Rp 2,5 miliar," katanya.

Ia memperkirakan pembangunan fisik sekitar 2 tahun. Oleh karena itu, pihaknya masih belum menerima siswa hingga 2017."Kami siapkan dulu fasilitasnya, jadi belum terima siswa. Mungkin pada tahun 2017 baru terima," katanya.

Dia pun yakin dukungan dari Kabupaten Rokan Hulu tentang keberadaan madrasah itu karena akan menjadi kebanggaan kabupaten meskipun saat ini Rokan Hulu masih dalam masa transisi ke pemerintahan baru."Baik itu pemerintahan yang lama maupun yang baru itu pasti mendukung," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement