Rabu 06 Jan 2016 09:53 WIB

Lima Tokoh yang Pernah Mendeklarasikan Diri Sebagai Imam Mahdi

Makam Rasulullah di Masjid Nabawi - Madinah Al-Munawarah
Pekuburan Fatimiyah di Aswan, Kairo, Mesir.

Pada abad ke-10 M, Khalifah Dinasti Fatimiyah yang pertama, Muhammad Ubaidullah (wafat 934 M), mengaku sebagai Imam Mahdi.

Dengan menampakkan diri di Jabal Massa yang terletak di wilayah Maghribi (Afrika Utara), dia mengaku sebagai keturunan dari anak perempuan Nabi SAW, Fatimah, dan sebagai saudara laki-laki dari Imam ke-12 yang tersembunyi.

Nama aslinya merupakan Said bin Husein. Dia berasal dari Tunisia. Ubaidullah al-Mahdi menuntut kepada pengikut sekte Syiah Ismailiyah untuk menaatinya karena dia mengklaim dirinya sebagai imam dalam sekte Syiah Ismailiyah yang memiliki hubungan darah dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari jalur putri beliau Fatimah binti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Disinilah  nama Fatimiyah berasal. 

Untuk memperkuat kerajaan barunya, Ubaidullah al-Mahdi mengakomodir orang-orang Barbar di Afrika Utara sebagai kekuatan militer. Ia berhasil mempengaruhi orang-orang Barbar yang sudah kecewa dengan Dinasti Aghlabiyah di Afrika Utara dan menjanjikan posisi yang baik dan balasan yang memuaskan apabila mereka bergabung dengan Daulah Fatimiyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement