Kamis 03 Dec 2015 17:32 WIB
Menyambut Konser Indonesia Menyanyi Bimbo (2)

Melembutkan Hati, Menggaungkan Senandung Kasidah

Rep: muhammad subarkah/ Red: Muhammad Subarkah
Bimbo
Foto:
(dari kanan) Artis Sam Bimbo, Rhoma Irama, dan Anggota Komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) lain saat pelantikan di Kemenkumham, Jakarta, Selasa (20/1). (Republika/ Wihdan)

Ketika kemudian kembali ditanya mengenai maksud Bimbo menuliskan lagu bertema religi dengan istilah ‘kasidah’, Sam mengaku juga tak tahu persis apa maksud dari istilah tersebut. Dia menulis nama kasidah itu hanya dalam pikiran selintas.

‘’Ketika akan melauncing album religi yang pertama itu (awal 1974), tiba-tiba ada slentingan adanya istilah kasidah dalam musik Islam. Ya langsung saja saya pakai nama itu. Eh kok sebutan ini lestari sampai sekarang. Bahkan kini sudah menjad genre musik,’’ tegas Sam kembali.

Dan ketika ditanya soal efek positif setelah meluncurkan berbagai album Kasidah, Sam dan Taufiq ternyata punya kesimpulan yang sama. Imbas membuat lagu seperti itu, maka mereka merasa punya kewajiban tak tertulis untuk  menghindari gaya hidup yang tak keruan atau ‘macem-macem itu’.

‘’Lagu yang kami buat itu ternyata kemudian menjadi penyuluh dan pembimbing hidup para awak Bimbo ini,’’ kata Syam. Sedangkan Taufiq kemudian menambahi bahwa semoga lagu itu diharpakan menjadi amal saleh bagi semua kalangan umat manusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement