Ahad 22 Nov 2015 18:51 WIB

Peminat Wisuda Akbar Tahfiz Alquran Meningkat

Rep: c16/ Red: Andi Nur Aminah
 Wisudawati dari Pondok Pesantren Darul Quran berjalan saat mengikuti wisuda Tahfidz Nasional di Jakarta, Ahad (14/6). (Republika/Tahta Aidilla)
Wisudawati dari Pondok Pesantren Darul Quran berjalan saat mengikuti wisuda Tahfidz Nasional di Jakarta, Ahad (14/6). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guna memotifasi dan meningkatkan animo masyarakat dalam mengahafal Alquran, Program Pembibitan Penghafal Alquran (PPPA) Darul Qur’an kembali menggelar Wisuda Akbar Indonesia Menghafal Quran (IMQ) untuk kali keenamnya. Berbeda dari sebelumnya, IMQ VI kali ini diadakan di lima wilayah sekaligus di seluruh Indonesia. Yakni di Jakarta, Yogyakarta, Kediri, Palembang dan Makassar.

Menurut Ketua Pelaksana Wisuda Akbar IMQ VI, Muhammad Suzali, hal tersebut dilakukan agar energi positif tentang semangat menghafal Alquran tidak hanya berpusat di Jakarta tetapi juga menyebar di seluruh Indonesia. Sehingga, bagi mereka yang ingin berpartisipasi dalam wisuda akbar pun tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta. Karena selain daya tampung yang tidak mencukupi, biaya yang mahal dan akses yang jauh juga bisa menyulitkan peserta.

Muhammad Suzali mengatakan ini adalah langkah awal untuk memperluas program Wisuda Akbar menghafal Alquran di seluruh Indonesia. Sementara ini, menurutnya, beberapa daerah yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini sudah diminati banyak orang. Secara keseluruhan, peserta yang berpartisipasi dalam ajang tahunan ini mencapai hampir 100 ribu orang.

“Khusus Jakarta, 40 ribu sampai 50 ribu orang, dan daerah lain masing-masing 10 ribu orang peserta,” kata Muhammad Suzali.

 

Menurutnya, antusias masyarakat yang memgikuti Wisuda Akbar ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sementara, di luar negeri, PPPA Darul Quran sebelumnya juga pernah mengadakan Hongkong Menghafal Qura'an dengan mewisuda 180 penghafal Alquran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement