Senin 17 Jul 2023 21:43 WIB

Hafalan Alquran di Antara Kunci Sukses SMAS JISc Peringkat I UTBK se-Jaktim 

UTBK SMAS JISc tertinggi se-Jaktim untuk sekolah Islam swasta.

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
UTBK SMAS JISc tertinggi se-Jaktim untuk sekolah Islam swasta.
Foto: Dok Istimewa
UTBK SMAS JISc tertinggi se-Jaktim untuk sekolah Islam swasta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – SMAS Jakarta Islamic School (JISc) merupakan sekolah Islam internasional pertama di Indonesia. Para siswa SMAS JISc mampu bersaing dengan sekolah unggulan lain sehingga dapat mencapai peringkat pertama nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi se-Jakarta Timur untuk sekolah Islam swasta pada 2023.  

SMAS JISc membuktikan kualitasnya sebagai sekolah Islam terbaik. Sekolah ini menerapkan tiga kurikulum sekaligus, yaitu Kurikulum Diknas, Islamic Studies, dan International Edexcel UK. SMAS JISc juga menggunakan bahasa Inggris dalam setiap pengantar pembelajarannya ini, serta mengharuskan para siswanya menghafal Alquran. 

Baca Juga

Founder JISc, Fifi Proklawati Jubilea atau akrab disapa Mam Fifi, mengatakan, kurikulum yang padat itu diberlakukan untuk membentuk siswa yang berwawasan internasional serta menjadikan Alquran dan hadits sebagai pedoman hidup.  

"Kami ingin turut berkontribusi dalam memajukan pendidikan Indonesia, membentuk pribadi yang berwawasan internasional dan menjadikan Alquran dan Hadis sebagai pedoman hidup," kata Mam Fifi dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Ahad (16/7/2023). 

Pencapaian dan prestasi SMAS JISc ini tentu tak lepas dari peran dan ketekunan Mam Fifi sebagai pakar pendidikan dalam meramu kurikulum. 

Mam Fifi juga sangat tegas dalam melatih guru-guru, sehingga melahirkan pribadi yang kreatif dan cepat tanggap. Dalam menghadapi situasi apa pun, mereka mampu membentuk para siswa yang kelak menjadi pemimpin dunia. 

Berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), SMAS JISc juga tercatat sebagai sekolah dengan pencapaian peringkat nasional yang signifikan dari 2020 hingga 2021, yaitu 407 poin. Capaian ini naik dari peringkat 737 menjadi 265 dan menjadi peringkat kedua nilai UTBK terbaik di Jakarta Timur yaitu sebesar 551,933. 

Baca juga: Ketika Kabah Berlumuran Darah Manusia, Mayat di Sumur Zamzam, dan Haji Terhenti 10 Tahun

Tak mengherankan, dengan pencapaian tersebut, para lulusannya diterima di berbagai kampus ternama di dalam dan luar negeri. Sebanyak 80 persen siswa SMAS JISc diterima di PTN, seperti UI, Unibraw, UIN, ITB, IPB, dan Unsoed, sementara sisanya diterima di universitas luar negeri yang berada di Turki, Malaysia, Amerika, China, Jerman, Swiss, hingga Inggris. 

Tidak hanya unggul di bidang akademis dan mengantongi ijazah IGCSE ‘0’ Level dari Edexcel, UK yang diakui secara internasional, para lulusan sekolah ini juga banyak yang menjadi hafiz quran. Tercatat, ada 134 orang lulusan SMAS JISc yang hafal Alquran 30 juz pada 2023.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement