Selasa 10 Nov 2015 03:30 WIB

Bangganya Menjadi Muslim di Negara Ratu Elizabeth

Rep: c 35/ Red: Indah Wulandari
Muslimah Inggris
Foto:
Hira Aslam

CARDIFF -- Berikut dua pemuda yang menceritakan pengalamannya selama tinggal di Wales sebagai seorang Muslim.

Hira Aslam (18 tahun), mahasiswi jurusan Hukum di Cardiff and Vale College ini memutuskan untuk mengenakan hijab ketika dewasa. Hal ini justru membuat ibunya khawatir anaknya itu bergabung dengan ISIS.

Namun, Hira tahu bahwa ibunya hanya bereaksi berlebihan saja. Hal itu, kata dia, disebabkan bahwa sebelumnya Reyaad Khan ketika menginjak usia 21 tahun tiba-tiba meninggalkan Cardiff dan bergabung dengan ISIS. Tentu kejadian itu membuat ibunya paranoid karena anaknya tiba-tiba memutuskan untuk berhijab.

"Saya tidak berpikir para ekstrimis itu ada hubungannya dengan Islam. Itu tidak menggambarkan Islam sedikit pun. Setiap orang tua mengkhawatirkan karena banyak orang telah pergi dari Cardiff dan aku tahu beberapa orang seperti salah satu anak laki-laki yang baru saja bergabung dengan ISIS dan terbunuh," ungkapnya  dilansir Wales Online, Senin  (9/11).

Kakek dan nenek Hira berasal dari Pakistan, dan dia sendiri juga lahir di Penarth. Kendati demikian dia senang hidup menjadi seorang Welsh. Dia mengaku, dia sangat menyukai kue Welsh, dia menyukai rugby, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan Wales.

Keluarga Hira sangat menjunjung tinggi budaya Islam. Namun, dia mengaku akan selalu menyeimbangkan kehidupan budaya agamanya dengan budaya Barat tempat dia tinggal, khususnya menjadi seorang Welsh.

Hira kini sedang belajar untuk menjadi seorang pengacara. Untuk menunjang kemampuannya, dia juga bekerja paruh waktu di sebuah firma hukum di Newport. Dia memilih profesi itu karena, pertama, dia terinspirasi oleh bibinya yang juga seorang pengacara dan yang kedua, dia tidak menyukai profesi di bidang medis.

Bahkan pada saat pertama kali dia mengenakan jilbab, dia sempat merasa gugup. Kemudian perasaan itu mereda ketika dia mulai bergabung dengan komunitas muslimah di Cardiff.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement