Ahad 08 Nov 2015 16:58 WIB

Melongok Tempat Kongkow Muslim Inggris

Rep: c 38/ Red: Indah Wulandari
Muslim Inggris berkumpul di Havering Isclamic Culture Center
Foto:
Havering Islamic Center

ROMFORD -- Selama lebih dari 30 tahun, Muslim di Havering telah berkumpul untuk menjalankan ibadah dan berbagi cerita. Pada tahun 1982, sebuah komunitas kecil sekitar 15 orang mendirikan pusat kebudayaan ini sebagai lembaga amal. Mereka meminjam rumah salah satu anggota komunitas di Princess Road.

Seiring komunitas Muslim yang terus tumbuh, sekitar 100 anggota lantas menyewa ruangan di sebuah pusat komunitas di Albert Road. Mulanya, kebutuhan ruangan itu khususnya berkaitan dengan shalat Jumat. Tapi, setelah bertahun-tahun, tempat itupun menjadi terlalu kecil.

Para anggota kemudian menghimpun dana dari kantong mereka sendiri untuk membeli sebuah bangunan di Waterloo Road, tempat pusat kebudayaan itu berdiri sejak tahun 2007. Tempat shalat telah dibuat berhijab antara pria dan wanita shalat. Pintu masuk yang digunakan juga berbeda.

Anggota komunitas Muslim Inggris, Rafi menuturkan, ketika pusat kebudayaan itu baru saja dibuka, para anggota merasa tidak mendapatkan banyak dukungan dari masyarakat. Kondisi waktu itu sangat sulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement