Kamis 01 Oct 2015 13:49 WIB

Keraton Surakarta akan Gelar Kirab 1 Sura

Kirab Keraton Surakarta
Foto: antarafoto
Kirab Keraton Surakarta

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Keraton Kasunanan Surakarta menyambut Tahun Baru Hijriah 1437 dengan kirab melewati Alun-Alun Utara.

“Kirab menyambut kedatangan bulan Sura (Tahun Baru Hijriah 1437) jatuh pada hari Rabu (14/10) tersebut dengan mengeluarkan sebanyak sembilan pusaka dan sembilan kerbau Kiai Slamet (kerbau bule),” kata panitia kirab KRMH Satrio Hadinagoro di Solo, Kamis (1/10).

Untuk rute kirab dalam menyambut bulan Sura  tidak ada perubahan meskipun kawasan Alun-Alun Utara (Alut) Keraton Kasunanan Surakarta sekarang digunakan untuk pasar sementara pedagang Pasar Klewer. Kirab akan melintasi dalam pasar sementara tersebut," katanya.

Ia mengatakan sejak dahulu rute kirab harus melewati dua ringin kurung yang kini berada di tengah pasar darurat. Namun, tetap akan dilewati dan untuk pelaksanaannya sudah bekerja sama dengan pihak terkait untuk menjaga pasar sementara saat dilintasi nanti.

Dikatakan pada H-2 sebelum pelaksanaan akan dilakukan gladi bersih, baik peserta kirab maupun kerbau bule yang ikut terlibat di dalamnya.

Pihak keraton mempersilakan masyarakat, jika ingin terlibat dalam prosesi kirab, salah satunya membawa pusaka dengan mendaftarkan diri di keraton.

Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta Kanjeng Pangeran (KP) Winarno Kusumo mengatakan, mulai pukul 18.00 WIB kawasan Keraton sudah ditutup, karena di kawasan tersebut juga ada rangkian kegiatan yang diadakan oleh warga Baluwarti.

Untuk itu, lanjutnya, warga yang akan ikut dalam kirab diharapkan bisa lebih awal datang, agar bisa mendapatkan akses masuk keraton.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement