Selasa 14 Jul 2015 23:54 WIB

Ribuan Muslim Memburu Lailatul Qadr di Masjidil Aqsa

Rep: C38/ Red: Israr Itah
Komplek Masjidil Aqsa
Komplek Masjidil Aqsa

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH – Sekitar 350 ribu Muslim berkumpul di Jerusalem Timur untuk memanjatkan doa selama malam-malam terakhir di pengujung bulan suci Ramadhan. 

Meski ada pembatasan ketat dari Israel, Muslim berdatangan dari daerah pendudukan Israel di Tepi Barat dan Jerusalem Timur. Ratusan warga dari Jalur Gaza turut menyeberang masuk ke situs suci tersebut.

Dilansir dari Jordan News Agency, Selasa (14/7), Muslim berkumpul di kompleks Masjidil Aqsa pada malam 27 bulan Ramadhan untuk mengharap Lailatul Qadr. Jamaah didominasi oleh orang lanjut usia. Pasalnya, Israel hanya mengizinkan lelaki di atas 50 tahun untuk memasuki kota itu. 

Departemen Urusan Islam Palestina mengatakan dalam sebuah pernyataan, mereka menyediakan lebih dari 150 ribu iftar yang difasilitasi oleh badan amal Palestina dan sejumlah lembaga lokal. Para imam secara bergantian membacakan ayat-ayat suci Alquran pada malam tersebut. 

Sepanjang bulan suci Ramadhan, Israel mengizinkan warga Palestina menunaikan ibadah di Masjidil Aqsa dengan sejumlah aturan. Mereka melarang wanita di bawah usia 30 tahun dan laki-laki di bawah usia 50 tahun untuk memasuki kompleks kota suci.  

Area pinggiran ditutup untuk lalu lintas dan hanya bus angkutan jamaah yang diizinkan melintas. Patroli polisi militer dikerahkan di area pos-pos pemeriksaan di sepanjang jalan-jalan kota. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement