Sabtu 14 Mar 2015 17:07 WIB

Ulama Cirebon Ajak Umat Muslim Bangkitkan Budaya Menulis

Belajar Menulis
Foto: Republika/ Amin Madani
Belajar Menulis

REPUBLIKA.CO.ID, PONOROGO -- Pengasuh Pondok Pesantren Darut Tauhid Cirebon, Jawa Barat, KH Husein Muhammad mengajak umat Islam membangkitkan kembali budaya menulis. Caranya dengan membangun kebiasaan yang bersentuhan dengan literasi tersebut.

"Saya tidak pernah pergi-pergi tanpa membawa buku untuk dibaca. Dari membaca itu akan muncul inspirasi untuk menulis," katanya pada seminar dan peluncuran buku 'Membaca dan Menggagas NU ke Depan' di Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (14/3).

Pendiri Institut Studi Islam Fahmina yang telah menghasilkan puluhan buku itu mengemukakan bahwa ulama masa lampau banyak sekali yang menghasilkan karya tulis dalam bentuk buku, seperti KH Nawawi Al Bantani, Syech Ihsan Jampes Al Kadiri, Syech Yasin Padang, Syech Jalil dan lainnya. 

"Syech Ihsan Jampes itu karya-karyanya diakui internasional dan menjadi kajian di Al Azhar Kairo. Kiai Nawawi Al Bantani itu dalam satu hari belajar 12 ilmu pengetahuan dan Syech Jalil setiap hari menulis 14 halaman," kata penulis buku, antara lain 'Fiqih Seksualitas', 'Fiqih HIV/AIDS' dan 'Islam Agama Ramah Perempuan' itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement