Kamis 05 Feb 2015 17:31 WIB

Bandung Dibidik Jadi Barometer Hijab Dunia

Sejumlah warga mengunjungi taman alun-alun Kota Bandung, Jalan Asia Afrika, Selasa(30/12).  (foto: Septianjar Muharam)
Sejumlah warga mengunjungi taman alun-alun Kota Bandung, Jalan Asia Afrika, Selasa(30/12). (foto: Septianjar Muharam)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kota Bandung sebagai kota mode di Indonesia didorong untuk menjadi barometer bagi perkembangan busana Muslim atau hijab dunia, kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandung, Atalia Kamil di Bandung, Kamis (5/1).

"Bandung menjadi barometer hijab dunia, itu mungkin sekali karena Bandung selalu terdepan dalam soal disain hijab dan baju-baju muslimah," kata Atalia pada diskusi "Hijab Fashion Week 2015". Atalia yang juga istri Wali Kota Bandung Ridwan Kamil itu menyatakan sangat mendukung perkembangan disain hijab karena menurutnya itu adalah suatu kewajiban.

"Mengikuti kecenderungan atau tidak, itu pilihan masing-masing, tapi menurut saya perintah yang sudah tertera di Alquran untuk mengenakan kerudung itu sudah harga mati bagi Muslimah," katanya. Ia berharap adanya acara-acara yang bertemakan hijab dapat membawa para muslimah semakin paham tentang pentingnya menutup aurat.

Sementara itu, menurut salah seorang peserta diskusi hijab itu, Rina (45) mengatakan perkembangan hijab saat ini sudah jauh berbeda daripada dulu. "Hijab selain sebagai kewajiban bagi Muslimah, juga berkembang menjadi kecenderungan fesyen," katanya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, peluang Kota Bandung menjadi salah satu mazhab mode hijab dunia sangat beralasan menyusul banyaknya pelaku kreatif bidang fesyen khususnya hijab di Kota Bandung. Bahkan ia menyebutkan para pelaku kreatif, desainer serta toko-toko penjualan hijab ternama di Indonisia ada dan berasal dari Bandung.

"Beberapa desainer dan pelaku kreatif fesyen Bandung bahkan sudah mengekspor ke sejumlah negara di Asia maupun Timur tengah. Produknya banyak digemari di negara tujuan," katanya. Selain itu, kecenderungan berhijab di Kota Bandung juga tengah melanda kawula muda di Kota Kembang sehingga kian banyak mode dan desain hijab yang lahir dari Kota Kembang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement