Selasa 27 Jan 2015 14:33 WIB

Ini Alasan Indonesia Lebih Disegani Ketimbang Timur Tengah

Rep: Dyah Meta Ratna Novia/ Red: Agung Sasongko
Ribuan Jamaat memadati Masjid Agung At-Tin untuk mengikuti Dzikir Nasional yang diadakan oleh REPUBLIKA, Rabu (31/12).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Ribuan Jamaat memadati Masjid Agung At-Tin untuk mengikuti Dzikir Nasional yang diadakan oleh REPUBLIKA, Rabu (31/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Wakil Menteri Agama, Nasaruddin Umar mengatakan,  Indonesia merupakan negara umat Islam yang disegani kearifannya oleh negara-negara lain. Bahkan Indonesia lebih disegani dari pada negara-negara Timur Tengah maupun Malaysia.

"Indonesa disegani karena jauh dari konflik Israel-Palestina. Selain itu  umat Islam kita terbesar di dunia namun bersifat moderat, bisa merangkul kelompok lain seperti syiah maupun wahabi," kata Rektor PTIQ ini, Selasa, (27/1).

Indonesia juga negara Muslim yang menjadi anggota G-20 selain Saudi Arabia dan Turki. "Bahkan saat saya kemarin di Afrika, negara-negara Afrika seperti Nigeria dan Liberia memuji Indonesia  setara dengan Cina dan Jepang sebab Indonesia bisa mempertahankan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen di tengah krisis global," ujarnya.

Negara-negara Timur Tengah, terang Nasaruddin, juga kagum dengan kemampuan Indonesia dalam meredam konflik. Mereka menilai Indonesia negaranya sangat luas dan memiliki etnis yang bermacam-macam tapi bisa  tetap hidup rukun.

"Makanya mereka menilai Indonesia itu ajaib. Banyak  tamu-tamu Wapres Jusuf Kalla dari negara-negara lain yang ingin belajar dari Indonesia bagaimana mengatasi konflik di  tengah krisis, "katanya.

Negara-negara Teluk, ujar Nasaruddin, banyak yang susah melewati konflik maupun krisis hingga berakhir perang saudara. Makanya mereka heran dengan konsep  yang diterapkan di Indonesia sehingga mampu tetap bersatu melewati prahara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement