Kamis 21 Aug 2014 14:56 WIB

Tradisikan Sains di Lingkungan Madrasah (1)

Rep: c67/ Red: Damanhuri Zuhri
 Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong sedang belajar.
Foto: Republika/Agung Supri
Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong sedang belajar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Expo Madrasah. Ajang ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan madrasah.

Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam mengatakan, penyelenggaraan KSM dan Expo Madrasah merupakan puncak dari kesuksesan madrasah di Indonesia.

Para peserta yang mengikuti kompetisi ini merupakan siswa-siswa terbaik dari masing-masing provinsi. "Ini untuk mentradisikan program sains di lingkungan madrasah," ujar Nur Syam di Jakarta, Rabu (20/8).

Nur Syam menjelaskan, kegiatan yang akan berlangsung di Makassar pada 25-29 Agustus itu juga untuk mengukur pencapaian madrasah, khususnya di bidang sains.

 

Menurut dia, dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan riset sains di madrasah menunjukkan perkembangan yang menggembirakan.

''Geliat dalam melakukan riset oleh guru maupun siswa madrasah sudah mulai tampak ke permukaan,'' jelas Nur Syam.

Nur Syam menilai, riset yang dilakukan oleh madrasah cukup bervariasi, mulai dari riset kerukunan beragama sampai ke persoalan kehidupan sehari-hari.

Ia berharap, kegiatan riset tersebut bisa mendorong orang-orang yang memiliki keterlibatan di madrasah untuk lebih kreatif. Pada gilirannya, kata Nur Syam, ilmu pengetahuan di madrasah juga dapat lebih berkembang.

Direktur Pendidikan Madrasah Kemenag Nur Kholis Setiawan menambahkan, KSM dan Expo Madrasah merupakan event strategis untuk memotivasi siswa agar terus mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement