Kamis 03 Jul 2014 19:04 WIB

Baznas Pasaman Sediakan Rp 3,2 Miliar

Zakat (ilustrasi).
Foto: wordpress.com
Zakat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PASAMAN -- Baznas Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, memberikan bantuan konsumtif senilai Rp 3,2 miliar.

Bantuan itu untuk keluarga fakir miskin. “Masing-masing akan memperoleh Rp 750 ribu,” kata Wakil Ketua Baznas Pasaman Barat Getri Ardenis, Rabu (2/7).

Keluarga yang akan mendapat bantuan konsumtif, jelas Getri, merupakan hasil seleksi kelurahan bekerja sama dengan dai.

Penerima bukan kerabat pejabat kelurahan maupun dai dan tak tinggal saling berdekatan satu penerima dengan penerima lainnya.

Ini merupakan hasil seleksi yang sangat ketat. Orang mampu tak mungkin lolos menjadi penerima bantuan. Setiap kelurahan memperoleh alokasi untuk 20 keluarga fakir miskin. “Bagi yang mampu, tentu harus malu kalau ikut menerimanya,” kata Getri.

Menurut Getri, lembaganya kini sedang memutakhirkan data penerima bantuan. Mudah-mudahan, nantinya mereka yang menerima bantuan, betul-betul orang yang berhak menerimanya dan merasa terbantu. Dana alokasi juga nantinya dibayarkan melalui bank.

Masyarakat dapat mengambilnya langsung ke bank yang ditunjuk. Tapi,ada penyerahan simbolik menjelang Lebaran oleh Bupati Pasaman Barat Baharuddin R. Baznas Pasaman Barat pun memberikan bantuan untuk generasi muda kurang mampu.

Zakat yang diberikan kepada mereka untuk membantu melanjutkan pendidikan. Andi (40 tahun), seorang warga, gembira dengan program tersebut. Ini dapat membantu keluarga miskin dalam merayakan Idul Fitri mendatang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement