Sabtu 27 May 2017 16:32 WIB

Sinergi Foundation Ajak Profesional Muslim "Tampil" Beda dengan Berbagi

Sinergi Foundation ajak profesional Muslim berzakat dan sedekah selama Ramadhan
Foto: Sinergi Foundation
Sinergi Foundation ajak profesional Muslim berzakat dan sedekah selama Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, Makin kaya, makin banyak memberi. Ungkapan tersebut sepertinya layak disematkan bagi Muslim kelas menengah yang sedang tumbuh di Indonesia saat ini.

Penulis Marketng to The Middle Class Moslem, Yuswohady, mengutip survei Inventure tahun 2013 menyebut pengeluaran kelas menengah untuk zakat dan sedekah mencapai 5,4 persen dari total pengeluaran. Yuswohady mengatakan berdasarkan data tersebut maka potensi filantropi Muslim di kalangan kelas menengah akan terus tumbuh.

Muslim kelas menengah ini menurutnya bertransformasi menjadi beragam profesi. Mulai dari dokter, arsitektur, hingga pengusaha Muslim.

“Kenaikan zakat nasional tersebut merupakan suatu wujud nyata kesadaran kelas menengah muslim dalam mengadopsi nilai-nilai agama Islam ke dalam kehidupan nyata bermasyarakat,” kata Yuswohady seperti dimuat dalam siaran pers Sinergi Foundation, Sabtu (27/5).

Menangkap fenomena pertumbuhan kelas menengah tersebut, Sinergi Foundation sebagai lembaga sosial-pemberdayaan berbasis Zakat, Infak-Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) melihat inilah yang membedakan karakter seorang profesional muslim dengan profesional lainnya. Untuk itu COE Sinergi Foundation Ima Rachmalia mengatakan mereka mengkampanyekan "Jadikan Zakat dan Sedekah Pembedamu". Ini merupakan ikhtiar Sinergi Foundation di momentum Ramadhan kali ini.

"Merangkul para profesional dan segenap insan peduli, untuk memaknai Ramadhan #BerbagiBersinergi sebagai sebuah energi untuk pencapaian hakiki secara vertikal maupun horizontal," ujar Ima.

Melalui kampanye ini, Ima menegaskan Sinergi Foundation tak ingin menggurui atau mengajari masyarakat untuk peduli. Namun mereka ingin mengajak umat Islam untuk tak berhenti berbagi manfaat dengan sesama.

 "Sekecil apapun itu, maka nilainya sungguh berharga di mata mereka yang membutuhkan. Dan mudah-mudahan di mata Allahu Ta’ala, kelak. Aamiin,” ujar Ima.

Ima pun memohon doa serta mengajak segenap Muslimin untuk kembali menyalurkan zakat, infak, sedekah dan wakafnya di bulan istimewa ini. Ini merupakan sebuah bentuk dukungan yang diperlukan demi keberlangsungan program-program Sinergi Foundation yang manfaatnya dapat langsung dirasakan masyarakat lemah.

Sinergi Foundation terus berupaya berinovasi di perlbagai bidang program, di antaranya pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan pengembangan kawasan sosial. Di Ramadhan kali ini, Sinergi Foundation merilis alternatif paket program #Berbagi spesial Ramadhan dan paket #Bersinergi.

Paket #Berbagi antara lain: #Berbagi Buka Shaum (Food4Fasting), #Berbagi Sahur (Food4Sahur), #Berbagi Bingkisan Bergizi, #Berbagi Perlengkapan Sekolah (Gift4School), #Berbagi THR Petani Gurem. Sedangkan Paket #Bersinergi, ditujukan untuk keberlangsungan program-program Sosial-Pemberdayaan Sinergi Foundation yang dirancang jangka panjang, antara lain: Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC), Beasiswa Sosial Entrepreneurship Leader (B-SEL), Lumbung Desa (LD), Firdaus Memorial Park (FMP) dan program-program lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement