Senin 09 Jun 2014 11:02 WIB

APU dan Gubernur Sumbar Canangkan Nagari Gemilang

Kegiatan Al Azhar Peduli Umat
Kegiatan Al Azhar Peduli Umat

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Hafidz Muftisany

PADANG -- Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno didampingi Bupati Agam Indra Catri mencanangkan program Nagari Gemilang di Desa Sonsang Kanagarian Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam.

Pencanangan Nagari Gemilang yang dirangkai dengan peringatan Isra Mi'raj, khataman, dan tadabur Alquran, Selasa (27/5), dihadiri tokoh masyarakat dan ribuan warga.

Desa Sonsang merupakan salah satu dari dua desa atau nagari yang menjadi garapan Nagari Gemilang tahap pertama. Satu desa lainnya, yaitu Desa Kumango, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Batusangkar.

Nagari Gemilang merupakan wujud nyata sinergi ABCG (Academic, Bussiness, Civil Society, Government) untuk mewujudkan Indonesia Gemilang melalui program pemberdayaan masyarakat desa secara komprehensif.

Dalam acara pencanangan, gubernur Sumatra Barat menandatangani prasasti sebagai tanda diluncurkannya Nagari Gemilang di Ranah Minang.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumatra Barat dan Bupati Agam menerima cendera mata berupa cincin perak dan mukena bordir produk kreatif kerajinan asli masyarakat Sonsang.

Setelah dilalukan penelitian mendalam di dua desa tersebut oleh Tim Indonesia Gemilang – Al Azhar Peduli Ummat (APU), grand design program yang akan dijalankan adalah mentransformasi Desa Sonsang  menjadi Desa Kreatif dan Desa Kumango menjadi Desa Mandiri dan Religi.

 

Khusus Nagari Gemilang ini, APU bersinergi dengan Yayasan Minang Peduli dalam pemberdayaan masyarakat perdesaan.

Desa Sonsang dan Desa Kumango merupakan desa ke-32 dan ke-33 Desa Gemilang binaan APU yang tersebar di sembilan provinsi di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement