Kamis 11 Aug 2016 22:31 WIB

Guru Al Azhar Wisata 'Inspiratrip' Saksikan Peternakan Domba

Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar mengajak perwakilan guru TK, SD dan SMP Al Azhar Sentra Primer untuk melakukan Inspiratrip ke KSM Candali Berdaya, Selasa (9/8).
Foto: Al Azhar peduli umat
Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar mengajak perwakilan guru TK, SD dan SMP Al Azhar Sentra Primer untuk melakukan Inspiratrip ke KSM Candali Berdaya, Selasa (9/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar mengajak perwakilan guru TK, SD dan SMP Al Azhar Sentra Primer untuk melakukan Inspiratrip ke KSM Candali Berdaya, Selasa (9/8). KSM Candali Berdaya memiliki kandang komunal peternakan domba dan kambing. Menjelang hari raya Idul Adha yang sebentar lagi tiba, domba dan kambing di KSM ini sudah siap untuk disalurkan kepada para pequrban LAZ Al Azhar.

Selain menjelajahi kandang komunal, peserta Inspiratrip juga menyaksikan aquaponik program ketahanan pangan bagi setiap peserta program Sejuta Berdaya. Kemudian peserta juga melihat proses pemanfaatan kotoran hewan menjadi pupuk padat organik yang diolah di rumah rabuk.

Ketua KSM Candali Berdaya Mas'ud Dompas menuturkan melalui program Sejuta Berdaya LAZ Al Azhar kini kesejahteraan para anggota menjadi lebih baik. Lewat edukasi yang dilakukan secara rutin, para peternak semakin meningkat pengetahuannya. "Kotoran hewan dimanfaatkan untuk membuati pupuk organik sebagai penyubur tanaman di Dapur Hidup. Dan hasil dari Dapur Hidup berupa sayur-sayuran bisa mengurangi angka belanja keluarga sekaligus mencukupi kebutuhan nutrisi keluarga," kata Dompas.

Hasilnya, kini para anggota KSM program Sejuta Berdaya bisa menyisihkan hartanya untuk menunjang kebutuhan dasar keluarga seperti biaya pendidikan, kesehatan, pembelian ternak dan pengembangan tanaman sayuran.

Imron, perwakilan dari guru SMP Al Azhar Sentra Primer mengaku senang bisa mengikuti kegiatan Inspiratrip ini. Kedepannya ia berharap agar diadakan event yang lebih besar agar bisa mengajak murid-murid Al Azhar beserta wali murid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement