Selasa 04 Feb 2014 15:39 WIB

Mengapa Menikah Termasuk Ibadah? (2)

Menikah (Ilustrasi)
Menikah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Allah tentu saja tidak membiarkan manusia semata-mata mengatakan beriman. Namun, dia akan diuji. Pasangan itu harus menjalani kehidupan dengan sabar dan ikhlas karena merupakan ujian Allah. Bisa jadi mereka ditimpa kesulitan ekonomi, anak sakit, dan tiada tempat tinggal layak. Namun, karena semua itu dianggap cobaan, akan dihadapi dengan tenang dan sabar. 

Cobaan tersebut tidak menjadi penghancur bagi sebuah ikatan perkawinan yang agung. Karena pernikahan itu ibadah, pasangan suami istri akan menjadikan syariat Islam sebagai standar kehidupan perkawinan. Hal ini penting. Karena itu, bisa dipastikan sebuah keluarga akan pecah kalau standar baik dan buruk yang mereka gunakan berbeda. 

Kalau Allah memerintahkan suami untuk bekerja keras mencari nafkah, sang suamipun melakoni tugasnya dengan ikhlas. Demikian pula sang istri sebagai ibu rumah tangga. Kalaupun terjadi perselisihan mereka kembalikan kepada Allah dan Rasul-Nya. Firman Allah, ''Jika kalian berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah dan Rasul'' (QS An- Nisa: 59). Dengan demikian, insya Allah, akan terbentuk keluarga sakinah. 

sumber : Farid Wadjdi
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement