Ahad 02 Feb 2014 20:29 WIB

Hina Muslim, Uskup Agung Jerman Minta Maaf

Joachim Meissner
Foto: vebidoo.de
Joachim Meissner

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Uskup Agung Jerman, Joachim Meissner akhirnya meminta maaf kepada Umat Islam atas komentarnya baru-baru ini yang dinilai merendahkan Muslim dan kemudian dikecam secara luas oleh komunitas Muslim Jerman karena memicu anti-Islam. 

Menghadapi kemarahan umat Islam, Meissner, seperti dikutip onislam.net,  mengeluarkan pernyataan pada Rabu (29/1) waktu setempat, dimana ia menyesali bahwa komentarnya telah menyebabkan penolakan.

"Itu tidak pernah ada di niat saya menyinggung orang-orang dari agama lain dengan ini. Mungkin pilihan kata-kata saya yang dalam hal ini disayangkan," katanya.

"Saya telah berulang kali menyatakan bahwa dalam banyak kasus, keluarga Muslim menjadi teladan bagi masyarakat kita,"lanjutnya.

Kontroversi ini berawal pada pekan lalu ketika Uskup Agung Joachim Meisner memuji tingkat kelahiran yang tinggi di kalangan umat Katolik untuk membandingkan jumlah keluarga Muslim yang besar di negara itu.

"Saya selalu mengatakan, salah satu keluarga kalian untuk menggantikan tiga keluarga Muslim," kata Kardinal anggota kelompok Katolik konservatif Neocatechumenal Way itu.

Komentar tersebut langsung dikecam oleh komunitas Muslim di Jerman. Mereka menyatakan komentar tersebut dapat menghasut dan membuat ketakutan dan kesalahpahaman di dalam masyarakat Jerman .

Seiring dengan kecaman umat Islam , beberapa politisi Jerman telah mencela komentar Meisner itu. "Kami membutuhkan penghubung, bukan pemecah," kata Bekir Alboga dari Uni Islam Turki DITIB Deutsche Welle seperti dikutip The Local.de.

.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement