Senin 06 May 2024 18:02 WIB

Muslim Jadi Komunitas Agama Terbesar Kedua di Jerman

Sekitar 5,5 juta Muslim tinggal di Jerman.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Muslimah Jerman, Betul Ulusoy
Foto: exberliner
Muslimah Jerman, Betul Ulusoy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar 5,5 juta Muslim tinggal di Jerman. Hampir 3 juta di antaranya adalah warga negara Jerman. Muslim berjumlah sekitar 6,6 persen dari total populasi Jerman.

Muslim merupakan komunitas agama terbesar kedua di Jerman, setelah kelompok anggota gereja-gereja Kristen yang jauh lebih besar, yakni sekitar 45 juta, atau lebih dari separuh total populasi Jerman.

Baca Juga

Komunitas Muslim di Jerman memiliki jumlah laki-laki dan perempuan yang hampir sama. Dikutip dari laman Deutsche Islam Konferenz, sebanyak 52 persen, proporsi laki-laki dalam komunitas Muslim sedikit lebih besar dibandingkan perempuan sebanyak 48 persennya.

Usia rata-rata laki-laki dan perempuan Muslim adalah sekitar 32 tahun. Usia tersebut relatif muda dibandingkan dengan rata-rata usia total penduduk Jerman, yang sedikit di atas 44 tahun. Rata-rata ukuran rumah tangga Muslim di Jerman adalah 3,6 orang, setara dengan pasangan suami istri dengan satu atau dua anak.

Jumlah umat Islam yang hidup sendiri kadang-kadang terlalu tinggi; sebenarnya hanya mencakup sekitar 11 persen rumah tangga Muslim. Komunitas Muslim di Jerman sangat beragam.

Muslim di Jerman memiliki latar belakang budaya dan bahasa yang beragam dan menganut banyak denominasi Islam yang berbeda. Selain itu, komitmen pribadi mereka terhadap agama sangat bervariasi.

Sekitar 2,5 juta Muslim di Jerman berasal...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement