Jumat 30 Aug 2013 10:57 WIB

Cara Muslim Edinburgh Promosikan Islam

Rep: Agung Sasongko/ Red: Fernan Rahadi
Muslim Inggris menunaikan shalat Jumat. Islam berkembang sangat pesat di negara Ratu Elizabeth tersebut.
Foto: Daily Mail
Muslim Inggris menunaikan shalat Jumat. Islam berkembang sangat pesat di negara Ratu Elizabeth tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, EDINBURGH -- Muslim Skotlandia tak kehabisan akal mempromosikan ajaran Islam. Mereka memanfaatkan medium makanan halal sebagai sarana dakwah.

Ya, mereka mendirikan restoran yang diberinama "Mosque Kitchen". Dinamakan demikian, karena restoran itu persis menempel dengan masjid Edinburgh. Restoran ini menawarkan berbagai macam makanan halal dengan harga yang terjangkau.

"Kami buka restoran bagi siapapun. Tidak hanya untuk kalangan Muslim saja, tetapi juga seluruh umat agama," kata Mubashar Ali, Manajer Masque Kitchen, seperti dikutip Onislam.net, Jumat (29/8).

Awalanya, restoran ini merupakan dapur umum yang dibuat guna memberikan makanan kepada para jamaah dan kalangan yang membutuhkan. Fungsi itu tetap ada, hanya saja diperluas dengan menambah sisi komersialnya dengan harapan semua kalangan bisa menikmati sajian restoran ini. Ketika pertama kali dibuka, antusisme warga sangat positif.

"Kami ingin menunjukan bahwa Islam bukanlah teror, kami sangat terbuka bagi siapapun yang datang," kata dia.

Ayla Fahad, 20 tahun, mengaku konsep restoran ini merupakan ide brilian guna menciptakan interaksi antara Muslim dan non-Muslim. Pendapat senada diutarakan Hamza, salah seorang koki."Apa yang dimasak disini seolah mengingatkan selera negeri asal, yang artinya tanpa membedakan agama bisa menikmati makanan yang sama," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement