Selasa 23 Oct 2012 12:22 WIB

Kemenag Pastikan Evaluasi Penyelenggaran Haji 1433 H

Rep: Fenny Melisa/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
 Menteri Agama Suryadharma Ali didampingi Wamenag Nasaruddin Umar (kanan) saat memimpin Sidang Itsbat penentuan 1 Syawal 1433 H di Kementerian Agama, Jakarta, Sabtu (18/8).  (Yudhi Mahatma/Antara)
Menteri Agama Suryadharma Ali didampingi Wamenag Nasaruddin Umar (kanan) saat memimpin Sidang Itsbat penentuan 1 Syawal 1433 H di Kementerian Agama, Jakarta, Sabtu (18/8). (Yudhi Mahatma/Antara)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kementerian Agama menegaskan  akan mengadakan evaluasi terkait pelaksanaan haji 1433 H/2012. "Tentu setelah penyelenggaraan haji berakhir akan ada evaluasi," ujar Wakil Menteri Kemenang, Nazaruddin Umar Selasa (23/10).

Terkait dengan banyaknya calon jamaah haji yang terlambat atau tidak jadi berangkat, tutur Nazaruddin, permasalahannya ada pada travel yang menjadi fasilitas jamaah untuk berhaji dan umroh.

"Urusan haji saya kira pemerintah sudah menangani dengan baik. Keterlambatan haji atau haji yang batal berangkat  karena travel yang tidak taat asas kuota. Tidak ada kuota dari pemerintah, masih menjanjikan keberangkatan," ujar Nazaruddin Umar, Selasa (23/10).

Karena itu, lanjut Nazaruddin, pemerintah akan turut mengevaluasi travel. "Pemerintah akan turun tangan untuk mengevaluasi travel. Travel yang nakal akan diberi sanksi sesuai peraturan," kata Nazaruddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement