Sabtu 29 Sep 2012 20:44 WIB

Jamaah Haji Berbondong-bondong Kunjungi Jabal Rahmah

Jamaah haji dari berbagai negara mengunjungi Jabal Rahmah
Foto: Heri Ruslan/Republika
Jamaah haji dari berbagai negara mengunjungi Jabal Rahmah

REPUBLIKA.CO.ID,Oleh: Heri Ruslan/ Laporan dari Makkah

MAKKAH -- Jamaah haji dari Turki, Pakistan, dan India berbondong-bondong mengunjungi Jabal Rahmah yang terletak di Arafah, Makkah.

Terik matahari yang menyengat, tak menyurutkan niat mereka untuk mengunjungi tempat pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa itu.

Jamaah dari Turki tampak berdoa dan shalat di sekitar tugu Jabal Rahmah. bahkan ada pula yang menuliskan nama mereka di dinding tugu gunung bersejarah itu.

Para pedagang juga tampak ramai menjajakan barang dagangannya. Ada yang berdagang kurma, kerudung, tasbih, cincin, dan berbagai cendera mata lainnya.

Di tangga menuju Jabal Rahmah pun banyak dijumpai pengemis anak-anak.

Yang perlu Anda waspadai saat berkunjung ke Jabal Rahmah adalah tukang foto. Jika Anda ditawari foto sebaiknya menolak dengan tegas.

Mereka akan meminta uang dengan harga semaunya. Jamaah haji Turki sempat bertengkar dengan tukang foto dadakan tersebut. Mereka meminta uang semaunya.

Ada puluhan tukang foto yang beroperasi di wilayah itu. Mereka sempat dikejar petugas keamanan dan lari berhamburan menuju ke lembah di belakang Jabal Rahmah.

Jika ingin mengunjungi Jabal Rahmah pastikan Anda memakai topi atau payung, karena sangat panas. Selain itu, gunakan kacamata dan pakaian yang tak terlalu tebal.

Agar tak kehausan, sebaiknya Anda membawa minuman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement