Jumat 14 Sep 2012 20:48 WIB

Gowa, Kesultanan Islam di Timur Nusantara (4)

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad
Pelabuhan Paotere, salah satu pelabuhan rakyat warisan tempo dulu yang masih bertahan dan merupakan bukti peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo sejak abad ke-14.
Foto: wordpress.com
Pelabuhan Paotere, salah satu pelabuhan rakyat warisan tempo dulu yang masih bertahan dan merupakan bukti peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo sejak abad ke-14.

REPUBLIKA.CO.ID, Para saudagar berlabuh ke wilayah Kerajaan Gowa untuk mendapatkan perbekalan dalam pelayaran mereka.

Sejak saat itu, wilayah Kerajaan Gowa-Tallo ramai dikunjungi para pedagang, baik dari nusantara maupun dari negara-negara asing.

Pada 1538, pada masa pemerintahan raja Gowa ke-9, Somba Opu banyak dikunjungi oleh para pedagang Portugis.

Selain untuk berdagang, mereka juga bermaksud menyebarkan agama Katolik. Namun, usaha mereka tidak berhasil karena Islam telah lebih dulu berkembang di daerah itu.

Imigran Muslim

Ensiklopedi Tematis Dunia Islam: Asia Tenggara mengungkapkan, migrasi para pedagang Muslim dari kawasan barat nusantara ke wilayah Kerajaan Gowa-Tallo berlangsung secara intensif, setelah beberapa pusat perdagangan di kedua belahan Selat Malaka terus-menerus mendapat serangan militer Kesultanan Aceh.

Pada saat yang sama, pelabuhan-pelabuhan di Jawa Timur, yang sebelumnya berfungsi sebagai penyalur makanan untuk kebutuhan para pedagang dalam pelayaran, mulai merosot akibat kebijaksanaan ekspansi wilayah Kesultanan Mataram dan selanjutnya diambil alih oleh Gowa-Tallo.

 

Bersamaan dengan kemunculan Gowa-Tallo terjadi pergeseran dalam jaringan perdagangan dan rute pelayaran di nusantara. Bila sebelumnya jalur perdagangan adalah dari Selat Malaka ke Jawa Timur, dan kemudian Maluku, meluas melalui Selat Sunda, Makassar, dan selanjutnya Maluku.

Sejak akhir abad ke-16 M, Kerajaan Gowa-Tallo berkembang dan selanjutnya menjadi kerajaan Islam terkemuka di kawasan timur nusantara.

i

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement