Kamis 30 Aug 2012 19:30 WIB

KH Ahmad Sanusi, Ulama Pejuang dari Tanah Pasundan (5-habis)

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad
Ilustrasi
Foto: wordpress.com
Ilustrasi

Pantas Menyandang Gelar Pahlawan Nasional

Sebagai putra bangsa yang turut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melawan penjajahan, ketokohan dan keteladanan KH Ahmad Sanusi layak mendapatkan apresiasi tinggi.

Apalagi, sejumlah peperangan melawan penjajah Belanda hingga kolonialisme Jepang di Tanah Air telah dirasakan pahit getirnya oleh KH Ahmad Sanusi.

Sejumlah penjara pernah dirasakannya karena kegigihannya dalam mempertahankan dan membebaskan Indonesia dari cengkeraman penjajahan.

Atas hal ini pula, seluruh anggota Persatuan Umat Islam (PUI) mengusulkan sang pendiri Al-Ittihadiat Al-Islamiyah ini kepada pemerintah Indonesia, untuk dianugerahi Pahlawan Nasional.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, menegaskan kiprah dan perjuangan KH Ahmad Sanusi dalam membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan tak perlu diragukan lagi.

“Beliau sangat layak mendapatkan penghargaan oleh pemerintah untuk menyandang pahlawan nasional,” ujar Ahmad Heryawan dalam sebuah seminar tentang perjuangan KH Ahmad Sanusi pada Maret 2010 silam.

Hal yang sama juga diungkapkan Dr Sulasman MHum, pakar sejarah dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung. Menurut Sulasman, Ajengan Genteng—panggilan lain KH Ahmad Sanusi—memiliki perjuangan yang sama dengan pahlawan lainnya, seperti Teuku Umar dari Aceh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement