Jumat 20 Jul 2012 21:12 WIB

Lathaif Al-Mannan, Dedikasi bagi Para Wali (3)

Rep: Nashih Nashrullah / Red: Chairul Akhmad
Kitab (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Kitab (ilustrasi).

Konsepsi wali dan kewalian

Menurut Ibnu Athaillah, kedudukan wali di sisi Allah jika dibandingkan dengan kalangan awam sangatlah tinggi. Posisi itu telah dipertegas oleh berbagai teks baik yang termaktub dalam Alquran ataupun hadis.

Salah satu hadis yang menguatkan tempat mulia wali di hadapan Allah ialah riwayat yang dinukil oleh Abu Hurairah. Disebutkkan di hadis itu, bahwa barangsiapa yang memusuhi wali Allah, maka ia telah menyulut perang.

Kedekatan wali dengan Allah pun dipersonifikasikan dengan pengibaratan bahwa segala pembicaraan, pendengaran dan penglihatan wali bersumber dan selalu diawasi oleh Allah.

Derajat yang diperoleh wali itu merupakan buah dari mujahadah yang mereka lakukan. Para wali mampu menaklukkan jiwa dan nafsu mereka semata-mata untuk Allah. Atas keberhasilan itu, maka Allah menjadi Penolong dan Penjaga bagi mereka.

Hal itu sebagaimana disebutkan  dalam ayat berikut, “Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath-Thalaq [65] : 3).

Al-Mursi mengatakan, keterkaitan wali dengan Allah seperti anak singa dan induknya. Singa betina akan melindungi anaknya dari berbagai hal yang membahayakan seperti ancaman dari binatang buas lainnya.

Tetapi  hukuman bagi mereka yang memusuhi para wali Allah, tidak harus datang seketika itu juga. Bisa jadi sanksi tersebut muncul di kemudian hari, tanpa ia sadari.

Ibnu Athaillah membagi konsep kewalian ke dalam dua kategori utama. Golongan wali yang pertama ialah mereka yang memberi pertolongan kepada Allah dan Rasul Nya (waliyyun yatawallah).

Kategori ini merujuk pada ayat ke-56 Surah Al-Maidah. “Dan barangsiapa mengambil Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman menjadi penolongnya, maka sesungguhnya pengikut (agama) Allahitulah yang pasti menang.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement