Jumat 15 Jul 2011 18:55 WIB

31 Juli, Kemenag Gelar Sidang Itsbat

Rep: Nashih Nashrullah/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) mengagendakan sidang itsbat atau penetapan awal Ramadhan 1432 H pada 31 Juli mendatang. Pemerintah belum bisa memutuskan sebelum sidang tersebut digelar.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Ahmad Djauhari. "Biasanya sehari sebelum hari pertama Ramadhan diprediksikan," jelasnya.

Djauhari yang juga Kepala Badan Hisab Rukyat tersebut mengatakan seperti tahun-tahun sebelumnya, sidang itsbat merupakan tata krama pemerintah sebagai ulil amri, yang akan dihadiri perwakilan dari ormas Islam dan sejumlah ahli astronomi. Ia juga menegaskan bahwa legalitas sidang itsbat cukup kuat.

Pemerintah memiliki badan hisab rukyat yang menggabungkan dua metode itsbat sekaligus, yaitu hisab (perhitungan) dan rukyat bilfili (penglihatan kasat mata). Djauhari menegaskan sekalipun awal Ramadhan diprediksi sama namun, keputusan tetap akan menunggu hasil sidang nantinya.

Terkait kemungkinan adanya perbedaan, pemerintah mengimbau agar tetap menghormati perbedaan. "Jaga kemajemukan dan saling toleransi," katanya seraya mengingatkan.

Sebelumnya, Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan 1432 H jatuh jatuh pada Senin Legi, 1 Agustus 2011. Sedangkan 1 Syawal 1432 H akan jatuh pada hari Selasa Kliwon 30 Agustus 2011.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement